ANALISIS ANTESEDEN GREEN BRAND LOYALTY MELALUI GREEN BRAND PROMINENCE SEBAGAI INTERVENING (STUDI PADA PEMBELIAN PRODUK LE MINERALE DI KOTA SEMARANG)

DALIMUNTE, Rio Daniel and SOESANTO, Harry,(24 July 2024), ANALISIS ANTESEDEN GREEN BRAND LOYALTY MELALUI GREEN BRAND PROMINENCE SEBAGAI INTERVENING (STUDI PADA PEMBELIAN PRODUK LE MINERALE DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Industri AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) terkhusus Le Minerale, terus berkembang pesat dengan berbagai macam sektor, inovasi serta produk yang dihasilkan. Keberadaan mereka menjadi salah satu hal yang sampai saat ini selalu dekat dan dirasakan oleh semua kalangan dan segmen publik, sehingga persaingan untuk menjadi market leader menjadi krusial. Perusahaan terus fokus untuk menciptakan revenue yang besar serta menggaet banyak konsumen dengan banyak metode yang diriset. Sebagai aktor yang besar, perusahaan jugadituntut untuk terus bergerak maju dan menciptakan banyak perubahan dengan segala sumber daya yang mereka miliki, terlebih untuk lingkungan. Bukan hanya untuk industri mereka sendiri. Fenomena ini erat kaitannya dengan green transparency terhadap green brand prominence yang menjadi pro-kontra pada penelitian terdahulu. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memecahkan fenomena yang terjadi. Kerangka berpikir pada penelitian ini mengangkat green transparency, green competence enhancement, green brand prominence serta green brand loyalty yang merupakan konsep model modifikasi ilmiah dari penelitian sebelumnya. Analisis dilakukan dengan melakukan pengumpulan data kuantitatif terhadap 130 responden melalui metode penyebaran kuesioner serta data kualitatif dengan berbagai macam literatur ilmiah. Hasil analisis diolah melalui metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan metode AMOS (Analysis Moment of Structural) 24. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini membuktikan dengan jelas bahwa green brand prominence tidak akan mengalami peningkatan melalui green transparency dan green competence enhancement. Namun, disisi lain green transparency dan green brand prominence mampu memberikan dampak dan pengaruh yang signifikan terhadap green brand loyalty dari sudut pandang konsumen. Green competence enhancement juga belum mampu memberikan korelasi yang baik terhadap green brand loyalty. Sehingga implikasi teoritis dapat diajukan untuk melakukan observasi lebih lanjut mengenai hubungan variabel yang tidak signifikan, mengingat penelitian dengan variabel tersebut masih cukup jarang diteliti. Implikasi manajerial yang dapat diterapkan adalah Le Minerale mendapatkan persepsi untuk melakukan pembenahan dan inovasi dengan hubungan variabel yang dampaknya besar untuk mencapai market leader.
Keywords : Green Transparency, Green Competence Enhancement, Green Brand Prominence, Green Brand Loyalty., Green Transparency, Green Competence Enhancement, Green Brand Prominence, Green Brand Loyalty
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Rio Daniel Dalimunte
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:09
Last Modified: 06 Aug 2024 08:09
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14882

Actions (login required)

View Item
View Item