THE IMPACT OF ESG DISCLOSURE ON FIRM FINANCIAL PERFORMANCE IN INDONESIA WITH OWNERSHIP STRUCTURE AS MODERATING VARIABLE Empirical Studies from Indonesia Stock Exchange (Stock Index KOMPAS100)

NUGROHO, Arief and JULIARTO, Agung,(22 July 2024), THE IMPACT OF ESG DISCLOSURE ON FIRM FINANCIAL PERFORMANCE IN INDONESIA WITH OWNERSHIP STRUCTURE AS MODERATING VARIABLE Empirical Studies from Indonesia Stock Exchange (Stock Index KOMPAS100). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Praktik pengungkapan ESG di suatu perusahaan mampu membentuk persepsi dan ekspektasi pemangku kepentingan dalam menunjukkan transparansi dan tanggung jawab yang akan memengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Lebih jauh lagi, kualitas dan bentuk pengungkapan ESG dapat dipengaruhi oleh struktur kepemilikan. Hal tersebut mengarahkan sspenelitian ini untuk menyelidiki bagaimana dampak pengungkapan ESG terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan struktur kepemilikan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini berfokus pada perusahaan publik yang terdaftar dalam indeks KOMPAS100 di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018 hingga 2022. Penelitian ini menggunakan skor setiap komponen pengungkapan ESG sebagai variabel independen dan ROA sebagai variabel dependen, yang mewakili kinerja keuangan perusahaan. Variabel moderasi meliputi kepemilikan institusional, kepemilikan terkonsentrasi, dan saldo ekuitas. Data akan dianalisis menggunakan analisis regresi termoderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya lingkungan dan sosial yang memengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Untuk variabel moderasi, hanya kepemilikan institusional dan terkonsentrasi yang memiliki kemampuan untuk memperkuat hanya untuk aspek lingkungan. Selanjutnya, hipotesis lainnya menunjukkan tidak ada dampak yang signifikan.
Keywords : financial performance, ESG disclosure, ownership structure, corporate governance, sustainability reporting, legitimacy theory, agency theory., kinerja keuangan, pengungkapan ESG, struktur kepemilikan, tata kelola perusahaan, pelaporan keberlanjutan, teori legitimasi, teori keagenan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Arief Budi Nugroho
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:10
Last Modified: 07 Aug 2024 04:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14884

Actions (login required)

View Item
View Item