TATA KELOLA PERUSAHAAN, INDEKS PERSAINGAN, DAN PENGELOLAAN LABA : STUDI KOMPARATIF ANTARA BANK BCA DAN BANK MANDIRI

ZHAFIRAH, Nur Alifah Rindi and KISWARA, Endang,(25 July 2024), TATA KELOLA PERUSAHAAN, INDEKS PERSAINGAN, DAN PENGELOLAAN LABA : STUDI KOMPARATIF ANTARA BANK BCA DAN BANK MANDIRI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (206kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (129kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (137kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (215kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (153kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tata kelola perusahaan, tingkat persaingan pasar, dan pengelolaan laba di sektor perbankan di Indonesia dengan fokus pada perbandingan antara Bank BCA dan Bank Mandiri selama periode 2018-2023. Tata kelola perusahaan diukur melalui ukuran dewan, dan konsentrasi kepemilikan. Tingkat persaingan pasar diukur menggunakan rasio total aset dikuadratkan dan rasio pendapatan relatif. Pengelolaan laba diukur menggunakan akrual diskresioner dengan model Modified Jones. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan Bank BCA dan Bank Mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola perusahaan yang baik dapat mengurangi pengelolaan laba, sedangkan tingkat persaingan pasar yang tinggi cenderung meningkatkan pengelolaan laba. Bank Mandiri menunjukkan kinerja yang lebih unggul dibandingkan Bank BCA dalam hal peningkatan aset dan laba bersih selama periode penelitian. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi manajemen bank, regulator, dan investor dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan laba di sektor perbankan Indonesia. Kata Kunci: Tata Kelola Perusahaan, Indeks Persaingan, Pengelolaan Laba, RGEC (Risk profile, GCG, Earning, and Capital).
Keywords : Good Corporate Governance, Competition Index, Earnings Management, RGEC (Risk profile, GCG, Earning, and Capital)., Tata Kelola Perusahaan, Indeks Persaingan, Pengelolaan Laba, RGEC (Risk profile, GCG, Earning, and Capital).
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Nur Alifah Rindi Zhafirah
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:42
Last Modified: 07 Aug 2024 08:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14886

Actions (login required)

View Item
View Item