RESPON KONSUMEN TERHADAP KONSEP KEMASAN BERKELANJUTAN (Eksperimen Elemen-elemen Kemasan Terhadap Pembentukan Persepsi Keberlanjutan Konsumen Pada Merek Kopi Purwarupa)

PUTRA, Hanif Fajri Vernanda and DIRGANTARA, I Made Bayu,(29 July 2024), RESPON KONSUMEN TERHADAP KONSEP KEMASAN BERKELANJUTAN (Eksperimen Elemen-elemen Kemasan Terhadap Pembentukan Persepsi Keberlanjutan Konsumen Pada Merek Kopi Purwarupa). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kesadaran akan konsep keberlanjutan bagi lingkungan yang perlu diterapkan oleh perusahaan dengan kontribusi konsumen dalam memenuhi agenda SDGs yang digagas oleh PBB pada tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana 4 elemen kemasan dengan konsep keberlanjutan tersebut dan keramahan lingkungan dapat membentuk persepsi keberlanjutan konsumen dengan menggunakan teori pemanfaatan isyarat. Pengusulan konsep kemasan berkelanjutan diharapkan dapat berdampak pada pembentukan persepsi keberlanjutan konsumen & keputusan pembelian dan dapat menjadi pilihan dalam pengambilan keputusan sehari-hari mereka. Penelitian ini menganalisis pengaruh elemen struktural kemasan, elemen kemasan visual, elemen kemasan verbal, dan fitur produk kemasan dalam membentuk persepsi keberlanjutan konsumen terhadap merek purwarupa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang melibatkan mahasiswa dari berbagai universitas di Semarang, Indonesia dalam menilai kemasan dengan berbagai bahan dan gambar yang memiliki konsep kemasan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 4 elemen kemasan tersebut merupakan elemen penting yang berperan dalam membentuk persepsi keberlanjutan konsumen dan berdampak positif dalam pembentukan persepsi tersebut. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penilaian konsumen terhadap skema keberlanjutan juga sangat dipengaruhi oleh gambar/tanda visual yang tidak berdampak langsung terhadap lingkungan.
Keywords : Experiment, Cue Utilization Theory, Sustainable Packaging, Consumer Perception, Packaging Elements, Eksperimen, Teori Pemanfaatan Tanda, Kemasan Keberlanjutan, Persepsi Konsumen, Elemen-elemen Kemasan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Hanif Fajri Vernanda Putra
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:39
Last Modified: 13 Aug 2024 07:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14925

Actions (login required)

View Item
View Item