PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2020-2022)

TAMPUBOLON, Paskha Rossi Maria Mesraniz and ROHMAN, Abdul,(19 July 2024), PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2020-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (59kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (101kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (102kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (131kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (198kB)
[thumbnail of Full Text Pdp Bookmarks] Text (Full Text Pdp Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tata kelola perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Komponen tata kelola perusahaan dalam penelitian ini diproksikan dalam lima komponen antara lain proporsi komisaris independen, komite audit, remunerasi direksi, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Sedangkan kinerja keuangan diukur dengan return on assets (ROA). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia BEI dengan kurun waktu 2020-2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling yang merupakan pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Jumlah keseluruhan perusahaan yang dijadikan sampel yaitu 78 perusahaan. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 25. Hasil utama penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi komisaris independen, remunerasi direksi, kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan. Komite audit berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan.
Keywords : corporate governance and financial performance, tata kelola perusahaan dan kinerja keuangan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Paskha Rossi Maria Mesraniz Tampubolon
Date Deposited: 23 Aug 2024 01:07
Last Modified: 23 Aug 2024 01:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14978

Actions (login required)

View Item
View Item