MAHARANI, Nurzahra Pramesti and DARWANTO, Darwanto,(6 August 2024), PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BANK SYARIAH DITINJAU DARI MAQASHID SYARIAH STUDI : BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan ekonomi berkelanjutan melalui peningkatan standar hidup yang menguntungkan baik bagi organisasi maupun masyarakat secara luas. Inisiatif CSR merupakan pendekatan unik dalam mengimplementasikan maqashid syariah dalam bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PT Bank Muamalat Indonesia Tbk khususnya Bank Muamalat Indonesia Cabang Kota Semarang, mengintegrasikan maqashid syariah ke dalam program-program CSR yang ada selama periode tahun 2021–2023.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Analisis Fenomenologis Interpretatif (Interpretative Phenomenological Analysis/IPA). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang bersumber dari para pegawai Bank Muamalat Cabang Kota Semarang yang memiliki pemahaman khusus dalam program CSR dan data sekunder diambil dari dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, Bank Muamalat Indonesia Cabang Kota Semarang pada periode 2021–2023 berhasil mengimplementasikan lima pilar konsep maqashid syariah dalam program-program CSR perusahaan, yaitu menjaga agama (hifdzu al-din), menjaga jiwa (hifdzu an-nafs), menjaga keturunan (hifdzu al-nasl), menjaga harta (hifdzu al-maal), dan menjaga akal (hifdzu al-‘aql). Program CSR diimplementasikan dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan termasuk program pendidikan anak karyawan, program kesehatan karyawan dan masyarakat, program tausiyah keagamaan, gerakan pembersihan masjid, bantuan untuk korban bencana alam, pelatihan dan pengembangan karyawan, serta program berbagi seperti santunan untuk anak yatim.
Keywords : | Corporate Social Responsibility (CSR), Maqashid Syariah, Islamic Bank, Corporate Social Responsibility (CSR), Maqashid Syariah, Bank Syariah |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Nurzahra Pramesti |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 07:52 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 08:57 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14996 |