PENGARUH KARAKTERISTIK AUDITOR TERHADAP DETEKSI MANIPULASI LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di BEI tahun 2019-2023)

PUTRI, Ariska Ardina and LAKSITO, Herry,(19 August 2024), PENGARUH KARAKTERISTIK AUDITOR TERHADAP DETEKSI MANIPULASI LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di BEI tahun 2019-2023). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak Inggris] Text (Abstrak Inggris) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak Indonesia] Text (Abstrak Indonesia) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Full Teks PDF Bookmarks] Text (Full Teks PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik auditor(tenure audit, rotasi auditor, independensi auditor, spesialisasi dalam industry, audit report lag, ukuran KAP dan narsisme auditor) terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi manipulasi laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan variabel kontrol untuk membatasi lingkup pengaruh dari variabel independent terhadap variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan dan laporan auditor independent yang diterbitkan di tahun 2019-2023 oleh Bursa Efek Indonesia pada sektor properti dan real estate dan diakses melalui www.idx.co.id. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan kriteria kriteria tertentu dan menghasilkan sampel sebanyak 44 perusahaan. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik auditor berpengaruh secara simultan terhadap deteksi manipulasi laporan keuangan, namun uji parsial membuktikan bahwa terdapat karakteristik auditor yang tidak berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu tenure audit, independensi auditor dan spesialisasi dalam industri audit. Sedangkan untuk variabel independent lain menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap deteksi manipulasi laporan keuangan.
Keywords : financial statement manipulation, auditor characteristics, property and real estate., manipulasi laporan keuangan, karakteristik auditor, property dan real estate.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Ariska Ardina Putri
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:20
Last Modified: 29 Aug 2024 08:20
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15019

Actions (login required)

View Item
View Item