ANALISIS DETERMINAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENYALURKAN ZAKAT MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING SOSIAL

ZULKARNAYN, Iman Maula and DARWANTO, Darwanto,(26 August 2024), ANALISIS DETERMINAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENYALURKAN ZAKAT MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING SOSIAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Boorkmarks] Text (Fulltext PDF Boorkmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan salah satu instrumen keuangan islam yang berpotensi untuk mengurangi angka kemiskinan serta memperkecil kesenjangan. Indonesia memiliki potensi untuk mengumpulkan dana zakat sebesar 327 triliun rupiah per-tahun. Akan tetapi, realisasi pengumpulan dana zakat di Indonesia hanya berkisar antara 2,4% hingga 9,7% dari potensi yang ada. Fenomena ini terjadi karena teknologi platfrom crowdfunding sosial belum dimanfaatkan secara luas dan maksimal dalam pengumpulan dana zakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh performace expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, Literasi Zakat, dan religiositas terhadap niat penggunaan platform crowdfunding sosial untuk menyalurkan zakat. Penelitian ini menggunakan data sampel 188 muzakki yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Data dikumpulkan dengan mendistribusikan kuesioner secara online. Data penelitian kemudian diolah menggunakan alat statistik Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) serta melalui uji outer model dan uji inner model. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa variabel performace expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, literasi zakat, dan religiositas memilki pengaruh posiif dan signifikan terhadap niat penggunaan platform crowdfunding sosial untuk menyalurkan zakat. Penelitian ini memberikan perspektif baru mengenai kajian kuantitatif tentang zakat digital serta perilaku para muzakki, khususnya di Indonesia.
Keywords : Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Zakat Literacy, and Religiosity., Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Literasi zakat, dan Religiositas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Iman Maula Zulkarnayn
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:42
Last Modified: 03 Sep 2024 08:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item
View Item