DHANISWARA, Khrisna Galih and MAHFUDZ, Mahfudz,(20 August 2024), PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PENGALAMAN PELANGGAN, DAN PENGALAMAN MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Pengguna E-Commerce Tokopedia di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (261kB)
Download (261kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (129kB)
Download (129kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (197kB)
Download (197kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (88kB)
Download (88kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa
perubahan besar dalam perilaku konsumen, terutama dalam hal kemudahan
berbelanja secara online melalui platform e-commerce. Tingginya persaingan di
industri e-commerce menempatkan pengalaman pelanggan sebagai fokus utama
dalam usaha mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar. Meskipun ada
penelitian sebelumnya yang mengkaji pengaruh variabel-variabel ini secara
terpisah, penelitian yang lebih komprehensif tentang bagaimana variabel-variabel
yang berinteraksi dalam konteks e-commerce ini masih sangat diperlukan.
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis hubungan
antara Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Loyalitas
Pelanggan pada pengguna e-commerce Tokopedia dengan mempertimbangkan
peran Kepercayaan Merek sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan
sampel sebanyak 120 orang pengguna e-commerce Tokopedia di Kota Semarang.
Dalam penelitian ini, kuesioner digunakan dengan dua jenis pertanyaan: pertanyaan
tertutup dan terbuka. Pendekatan analisis data kuantitatif yang digunakan dalam
penelitian ini ialah Structural Equation Model (SEM) dengan software AMOS versi
24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan, Pengalaman
Pelanggan, dan Pengalaman Merek memiliki pengaruh positif yang signifikan
terhadap Kepuasan Pelanggan, sedangkan Kualitas Layanan, Pengalaman
Pelanggan, Pengalaman Merek, dan Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh
positif yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Implikasi dari hasil penelitian
menunjukan bahwa Kualitas Layanan memiliki pengaruh langsung terhadap
Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan, terdapat pengaruh tidak langsung
yaitu melalui variabel Kepuasan Pelanggan dengan Kualitas Layanan, Pengalaman
Pelanggan, dan Pengalaman Merek terhadap Loyalitas Pelanggan.
Keywords : | Service Quality, Customer Experience, Brand Experience, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty, Kualitas Layanan, Pengalaman Pelanggan, Pengalaman Merek, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Khrisna Galih Dhaniswara |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 07:40 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:35 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15160 |