AZLYA, Riza Rizky and RAHARJO, Susilo Toto,(5 September 2024), ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen yang Mengetahui Produk Garnier Facewash di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (197kB)
Download (197kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (243kB)
Download (243kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (255kB)
Download (255kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (359kB)
Download (359kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (287kB)
Download (287kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dengan teknologi yang terus berkembang, gaya konsumen yang berubah, dan
perubahan politik ekonomi di seluruh dunia, lingkungan bisnis semakin kompleks.
Dalam hal ini perusahaan harus lebih kreatif dalam strategi pemasarannya agar
konsumen tetap tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Pada pertumbuhan
industry kecantikan di Indonesia dari tahun 2019-2023 mengalami peningkatan setiap
tahunnya. Salah satu produk skincare yang populer yaitu facial wash Garnier. Namun,
pada tahun 2022-2023, produk Garnier turun ke peringkat kedua dibawah merek Ponds.
Hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran Garnier seperti celebrity endorsement
dan brand image yang dapat mempengaruhi pembelian konsumen tidak cukup untuk
mempertahankan posisi nomor satu di pasar sabun cuci muka. Permasalahan ini dapat
diteliti menggunakan variabel tersebut agar dapat meningkatkan purchase intention
facial wash Garnier.
Penelitian ini mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner dan dapat
diisi oleh responden yang sesuai dengan kriteria. Kriteria yang ditentukan yaitu
konsumen yang mengetahui produk sabun cuci muka Garnier. Hasil pengumpulan data
diolah secara kuantitatif dengan metode SEM (Structural Equation Modelling)
menggunakan program AMOS (Analysis Moment of Structural). Data terkumpul yang
dapat diolah sebanyak 180 responden.
Hasil analisis penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa celebrity
endorsement dan brand image berpengaruh terhadap purchase intention. Efek mediasi
brand awareness dalam hubungan celebrity endorsement terhadap purchase intention
dinyatakan berpengaruh signifikan. Namun, variabel yang tidak berpengaruh yaitu
brand image terhadap brand awareness. Implikasi yang dapat diterapkan dari hasil
penelitian ini yaitu Garnier perlu meningkatkan upaya promosi dan kampanye
pemasaran untuk meningkatkan brand awareness di kalangan konsumen.
Keywords : | Celebrity Endorsement, Brand Image, Brand Awareness, Purchase Intention, Dukungan Selebriti, Citra Merek, Kesadaran Merek, Niat Pembelian |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Riza Rizky Azlya |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 03:14 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 08:36 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15164 |