ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MENGGUNAKAN BANK DIGITAL ALADIN SYARIAH (Studi Kasus pada Calon Nasabah di Pulau Jawa)

MAHANANI, Marthania and KAFABIH, An'im,(25 September 2024), ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MENGGUNAKAN BANK DIGITAL ALADIN SYARIAH (Studi Kasus pada Calon Nasabah di Pulau Jawa). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan teknologi juga mendorong perubahan dalam layanan perbankan. Layanan perbankan menyediakan sistem online untuk memudahkan nasabah. Mobile Banking menajdi salah satu layanan yang paling banyak digunakan oleh Masyarakat. Loyalitas pelanggan sangat penting bagi sektor perbankan sehingga harus mengetaui apa saja faktor-faktor mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh attitude toward behavior, perceived behavioural control, subjective norm, literasi keuangan syariah, dan brand image terhadap niat menggunakan Bank Aladin Syariah. Penelitian dilakukan secara kuantitatif terhadap 141 calon nasabah Bank Aladin Syariah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner diukur berdasarkan indikator masing-masing variabel dan diukur dengan Skala Liket lima poin. Metode penelitian kuantitatif ini menggunakan SPSS 29 dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude toward behavior berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan Bank Aladin Syariah. perceived behavioural control juga berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan Bank Aladin Syariah. Selanjutnya subjective norm berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan Bank Aladin Syariah. Literasi keuangan syariah berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan Bank Aladin Syariah. Variabel terakhir brand image berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan Bank Aladin Syariah. Selain itu, hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi kepada pihak Bank Aladin Syariah untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dan paling siginifikan mempengaruhi niat calon nasabah menggunakan Bank Aladin, sehingga diharapkan ada strategi meningkatkan jumlah calon nasabah kedepannya.
Keywords : Attitude Toward Behavior, Perceived Behavioural Control, Subjective Norm, Islamic Financial Literacy, Brand Image, Intention, Attitude Toward Behavior, Perceived Behavioural Control, Subjective Norm, Literasi Keuangan Syariah, Brand Image, Niat
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Marthania Mahanani
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:53
Last Modified: 27 Sep 2024 07:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15213

Actions (login required)

View Item
View Item