AFFANDI, Jullian Rafli Rizqi and DIRGANTARA, I Made Bayu,(27 September 2024), THE INFLUENCE OF DESTINATION IMAGE, EXPERIENCE AND TOURIST MOTIVATION TOWARD REVISIT INTENTION THROUGH TOURIST SATISFACTION AS A MEDIATOR IN DIY PROVINCE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Provinsi DIY merupakan destinasi wisata tingkat ASEAN yang mana menjadi
salah satu percontohan di Indonesia. Akan tetapi berdasarkan fenomena yang ada di
Pulau Jawa sendiri DIY merupakan provinsi dengan jumlah kunjungan wisatawan
mancanegara terendah dibandingkan DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat
pada tahun 2022. Diketahui bahwa Provinsi DIY memiliki beberapa destinasi wisata
unggulan yang seharusnya mampu menarik wisatawan mancanegara seperti halnya
Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Candi Borobudur, Kotagede, Malioboro, Museum
Sonobudoyo, Gunung Merapi, Museum Ullen Sentalu, dan HeHa Ocean View.
Berdasarkan hasil pra penelitian diketahui bahwa mayoritas responden yakni
sebanyak 35% memilih Bali sebagai destinasi favorit, diikuti dengan NTB dan Jawa
Timur yang merupakan preferensi destinasi pilihan wisatawan dengan persentase
masing-masing 20%, selanjutnya DKI Jakarta dengan persentase 15%, dan terakhir
adalah DIY dengan persentase 10%. Selain itu dalam pra penelitian juga diketahui
bahwa persepsi responden terhadap DIY berkaitan dengan revisit intention terbilang
masih rendah dikarenakan dalam tiap-tiap pernyataan yang diberikan diketemukan
jawaban mayoritas "maybe" dan "no.
Penelitian ini menggunakan wisatawan mancanegara sebagai objek
penelitian, kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
purposive sampling dan memiliki beberapa kriteria. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 200 responden yang berusia di atas 17 tahun, wisatawan mancanegara
dan pernah berkunjung untuk berwisata di destinasi wisata DIY minimal 1 (satu) kali
dalam kurun waktu 1 (satu) tahun terakhir. Data yang terkumpul akan dianalisis
dengan menggunakan metode CB-SEM (Covariance-Based Structural Equation
Modeling) dan diolah dengan software AMOS.
Temuan penelitian indicates berdasarkan 10 hipotesis yang ada dalam
penelitian ini ditemukan bahwa 9 hipotesis diterima dan 1 hipotesis ditolak. Terdapat
Ha yang diterima yakni Destination Image berpengaruh positif terhadap Tourist
Satisfaction, Experience berpengaruh positif terhadap Tourist Satisfaction, Tourist
Motivation berpengaruh positif terhadap Tourist Satisfaction, Destination Image
berpengaruh positif terhadap Revisit Intention, Experience berpengaruh positif
terhadap Revisit Intention, Tourist Motivation berpengaruh positif terhadap Revisit
Intention, Tourist Satisfaction berpengaruh positif terhadap Revisit Intention,
Destination Image berpengaruh positif terhadap Revisit Intention melalui Tourist
Satisfaction serta Experience berpengaruh positif terhadap Revisit Intention melalui
Tourist Satisfaction . Sementara Ha yang ditolak yakni pengaruh antara Tourist
Motivation terhadap Revisit Intention melalui Tourist Satisfaction.
Keywords : | Destination Image, Experience, Tourist Motivation, Tourist Satisfaction, Revisit Intention, DIY Province, Citra Destinasi, Pengalaman, Motivasi Turis, Kepuasan Turis, Minat Berkunjung Ulang, Provinsi DIY |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Jullian Rafli Rizqi Affandi |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 04:54 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 04:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15233 |