ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNAAN ELECTRONIC MONEY PADA MASYARAKAT MUSLIM DKI JAKARTA

PUTRI, Marcella Eka Permata and KAFABIH, An'im,(30 October 2024), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNAAN ELECTRONIC MONEY PADA MASYARAKAT MUSLIM DKI JAKARTA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peningkatan nilai transaksi belanja menggunakan uang elektronik yang dikhawatirkan dapat memunculkan perilaku konsumtif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif dalam penggunaan uang elektronik pada masyarakat muslim DKI Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling menggunakan purposive sampling. Kriteria responden penelitian diantaranya, masyarakat muslim yang tinggal atau berdomisili di DKI Jakarta, berusia 17 tahun atau lebih, mempunyai penghasilan atau pekerjaan dan responden pernah atau sedang menggunakan uang elektronik. Diperoleh sampel sebanyak 209 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan pendekatan PLS�SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transaction cost berpengaruh positif signifikan terhadap variabel use of electronic money, variabel financial risk tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel use of electronic money, sedangkan variabel perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel use of electronic money. Hasil penelitian juga menunjukkan variabel Islamic consumption ethics berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel consumptive behavior of purchasing goods. Variabel terakhir yaitu use of electronic money juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel consumptive behavior of purchasing goods.
Keywords : Consumtive Behavior; Electronic Money; Islamic Consumtions Ethics; Perceived Ease Of Use., Etika Konsumsi Islam; Perilaku Konsumtif; Persepsi Kemudahan Penggunaan; Uang Elektronik
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Marcella Eka Permata Putri
Date Deposited: 20 Nov 2024 07:38
Last Modified: 20 Nov 2024 08:27
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15359

Actions (login required)

View Item
View Item