PUTRI, Marcella Eka Permata and KAFABIH, An'im,(30 October 2024), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNAAN ELECTRONIC MONEY PADA MASYARAKAT MUSLIM DKI JAKARTA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peningkatan nilai transaksi belanja
menggunakan uang elektronik yang dikhawatirkan dapat memunculkan perilaku
konsumtif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumtif dalam penggunaan uang elektronik pada
masyarakat muslim DKI Jakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan
sampel non probability sampling menggunakan purposive sampling. Kriteria
responden penelitian diantaranya, masyarakat muslim yang tinggal atau berdomisili
di DKI Jakarta, berusia 17 tahun atau lebih, mempunyai penghasilan atau pekerjaan
dan responden pernah atau sedang menggunakan uang elektronik. Diperoleh
sampel sebanyak 209 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan pendekatan PLS�SEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa transaction cost berpengaruh positif
signifikan terhadap variabel use of electronic money, variabel financial risk tidak
berpengaruh signifikan terhadap variabel use of electronic money, sedangkan
variabel perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel
use of electronic money. Hasil penelitian juga menunjukkan variabel Islamic
consumption ethics berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel
consumptive behavior of purchasing goods. Variabel terakhir yaitu use of electronic
money juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel consumptive
behavior of purchasing goods.
Keywords : | Consumtive Behavior; Electronic Money; Islamic Consumtions Ethics; Perceived Ease Of Use., Etika Konsumsi Islam; Perilaku Konsumtif; Persepsi Kemudahan Penggunaan; Uang Elektronik |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Marcella Eka Permata Putri |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 07:38 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 08:27 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15359 |