PENGARUH SOCIAL MEDIA PLATFORM, FINANCIAL LITERACY, DAN INDIVIDUAL BACKGROUND TERHADAP PARTISIPASI PASAR MODAL SYARIAH PADA GENERASI Z MUSLIM DI KOTA SEMARANG

AZIZAH, Septi Itsnani and SETIAWAN, Achma Hendra,(9 October 2024), PENGARUH SOCIAL MEDIA PLATFORM, FINANCIAL LITERACY, DAN INDIVIDUAL BACKGROUND TERHADAP PARTISIPASI PASAR MODAL SYARIAH PADA GENERASI Z MUSLIM DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (195kB)
[thumbnail of Abstrak(Inggris)] Text (Abstrak(Inggris)) - Published Version
Download (209kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (213kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (235kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (883kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya popularitas media sosial membuat banyak pihak meninjau dan membandingkan dampak dari media sosial untuk melihat nilai sebuah perusahaan. Salah satu dampak nyata penggunaan internet dan media sosial oleh generasi Z di Indonesia adalah terjadinya pergeseran karakteristik demografi investor pasar modal kearah usia yang lebih muda sehingga media sosial menjadi salah satu alat utama yang digunakan sebagai transformasi digital institusi pendukung bursa untuk mendapatkan informasi terkait pengambilan keputusan investasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang berpotensi meningkatkan partisipasi di pasar modal syariah. Faktor tersebut meliputi social media platform, financial literacy, dan individual background terhadap partisipasi pasar modal syariah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Populasi penelitian meliputi masyarakat Muslim Semarang sebagai partisipan di pasar modal syariah. Jumlah populasi tidak diketahui secara pasti, sehingga peneliti mengambil sampel sebanyak 100 responden dengan pendekatan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dan pengujian data menggunakan program SPSS Statistics 26.Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel social media platform, financial literacy, dan individual background berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi pasar modal syariah. Variabel yang paling dominan yaitu social media platform. Seluruh variabel, yakni social media platform, financial literacy, dan individual background baik secara simultan maupun parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi pasar modal syariah.
Keywords : social media platforms, financial literacy, individual background, and Islamic capital market, social media platform, financial literacy, individual background dan pasar modal syariah
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Septi Itsnani Azizah
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:11
Last Modified: 21 Nov 2024 01:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15361

Actions (login required)

View Item
View Item