ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP NILAI SEUMUR HIDUP PELANGGAN DENGAN KOMITMEN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Pengguna Kartu Prabayar Telkomsel di Kota Semarang)

MAHENDRA, Nicholas Sion and FARIDA, Indriani,(25 November 2024), ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP NILAI SEUMUR HIDUP PELANGGAN DENGAN KOMITMEN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Pengguna Kartu Prabayar Telkomsel di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT. Telekomunikasi Seluler yang lebih dikenal sebagai Telkomsel, merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Telkomsel menawarkan berbagai produk, salah satunya kartu prabayar. Kartu prabayar Telkomsel telah memperoleh penghargaan, diantaranya menduduki peringkat pertama Top Brand Award kategori Simcard Prabayar. Akan tetapi dalam beberapa tahun terakhir, Telkomsel mengalami penurunan dalam market share pada tahun 2022 dan 2023. Penurunan tersebut merupakan penurunan yang drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya, dan penurunan ini menunjukkan bahwa ada masalah dalam pembelian produk prabayar Telkomsel, yang dipengaruhi oleh kepuasan, kepercayaan, dan komitmen pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan terhadap customer lifetime value dengan komitmen pelanggan sebagai variabel intervening pada pengguna kartu prabayar Telkomsel di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan pada pengguna kartu prabayar Telkomsel di Kota Semarang dan berusia minimal 17 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan teknik survey melalui penyebaran kuesioner kepada 200 responden yang menggunakan kartu prabayar Telkomsel. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan dan kepercayaan, sedangkan variabel dependen adalah customer lifetime value, serta variabel intervening adalah komitmen pelanggan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang dibantu oleh software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap CLV dengan komitmen pelanggan sebagai variabel mediasi. Selain itu, komitmen pelanggan juga berpangaruh positif dan signifikan terhadap nilai seumur hidup pelanggan. Implikasi manajerial yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan penelitian ini sebagai pertimbangan Telkomsel dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan kepercayaan agar pengguna Telkomsel merasa puas sehingga meningkatkan komitmen pelanggan yang akhirnya turut meningkatkan CLV.
Keywords : Customer Satisfaction, Trust, Customer Commitment, Customer lifetime value, Telkomsel, Prepaid Card, Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan, Komitmen Pelanggan, Customer lifetime value, Telkomsel, Kartu Prabayar
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nicholas Sion Mahendra
Date Deposited: 17 Dec 2024 02:47
Last Modified: 17 Dec 2024 02:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15476

Actions (login required)

View Item
View Item