ANALISIS PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI CELEBRITY ENDORSEMENT (Studi pada Pengguna Alat Musik di Kota Semarang)

DEWANTORO, Dwiki Hygi and SUDARYANTO, Budi,(2018), ANALISIS PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI CELEBRITY ENDORSEMENT (Studi pada Pengguna Alat Musik di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010114120055.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu pasar alat musik terbesar di Asia, industri alat musik di Indonesia tidak hanya menyasar para musisi professional saja namun juga kalangan menengah dan awam, tetapi pasar musik di Indonesia nampaknya terkendala oleh ketersediaan bahan baku kayu, terhambatnya pajak penjualan barang mewah (PPnBM), keengganan investor menanamkan modal di sektor industri alat musik ini, hal ini nampak pada turunnya jumlah unit usaha alat musik di Indonesia. Terkait pasar dalam negeri atas alat musik, hasil survey menunjukkan bahwa calon pembeli pemula yang akan membeli alat music dengan jenis musik yang diinginkan dan jenis alat yang diinginkan cenderung lebih sering menanyakan kepada karyawan toko musik terkait rekomendasi alat, jenis alat yang sesuai dengan jenis musik yang dimainkan atau langsung menanyakan tipe alat musik yang dicari dengan menyebut merk dan serinya. Calon pembeli pemula sangat jarang yang menanyakan jenis alat yang biasa dipakai oleh selebriti endorser. Seringnya event yang diselenggarakan toko musik di Semarang yang mengundang narasumber dari brand alat music untuk memberikan review alat baru atau sekadar hanya coaching clinic nampaknya masih belum mengakomodasi kegiatan endorsement alat musik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh calon pembeli pada Toko Alat Musik di Kota Semarang. Sampel penelitian sebanyak 140 responden, dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling, yang lebih lanjut guna menjaga keberagaman karakteristik respondendilakukan Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner yang diolah menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dari Software Statistic Multivariat, Analysis Moment Structure, AMOS. V 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebrity Endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Value, sedangkan Celebrity Endorser dan Perceived Value berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Purchase Intention.
Keywords : Celebrity Endorser, Perceived Value, Purchase Intention, musical instrument users in Semarang City, Celebrity Endorser, Perceived Value, Purchase Intention, pengguna alat musik di Kota Semarang
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:49
Last Modified: 23 Jan 2020 07:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item
View Item