ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI BEHAVIORAL INTENTION BERWAKAF UANG MELALUI BSI MOBILE DI INDONESIA

SEPTIA, Heryanti and PUJIYONO, Arif,(12 December 2024), ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI BEHAVIORAL INTENTION BERWAKAF UANG MELALUI BSI MOBILE DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Potensi penghimpunan wakaf uang dapat mencapai Rp180 triliun per tahun. Namun, hingga Februari 2024, akumulasi perolehan wakaf uang di Indonesia baru mencapai Rp2,23 triliun atau kurang dari 2% dari potensi yang ada. Kesenjangan yang besar ini sebagai tanda yang jelas bahwa perlu adanya pengoptimalan wakaf uang, salah satunya melalui pemanfaatan fintech. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang memengaruhi behavioral intention berwakaf uang melalui BSI Mobile. Penelitian ini menggunakan model TAM dan TPB sebagai konstruk penelitian dan memadukan trust dan religiosity untuk mengidentifikasi behavioral intention berwakaf uang melalui BSI Mobile. Populasi pada penelitian ini yaitu masyarakat muslim di Indonesia. Teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu purposive sampling dengan kriteria responden yang ditentukan. Pengambilan data sampel dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 210 responden. Metode pengolahan data yang digunakan adalah regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use, Attitude, Trust, dan Religiosity berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention berwakaf uang melalui BSI Mobile. Sedangkan, variabel Subjective Norms dan Perceived Behavioral Control tidak berpengaruh signifikan.
Keywords : Behavioral Intention, BSI Mobile, Religiosity, TAM, TPB, Trust, Cash Waqf, Behavioral Intention, BSI Mobile, Religiosity, TAM, TPB, Trust, Wakaf Uang
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Heryanti Septia
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:18
Last Modified: 23 Dec 2024 08:18
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15518

Actions (login required)

View Item
View Item