WAHRUROJI, Wahruroji and FITRIA, Shoimatul,(25 December 2024), Analisis Deskriptif Kendala Digitalisasi UMKM Di Wilayah Jabodetabek. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (166kB)
Download (166kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (97kB)
Download (97kB)
Text (Abstrak Indonesia)
- Published Version
Download (109kB)
Download (109kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (104kB)
Download (104kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (255kB)
Download (255kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Digitalisasi merupakan faktor penting dalam meningkatkan daya saing
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk
menguji tingkat adopsi teknologi digital di kalangan UMKM di Indonesia, dengan
fokus pada Fintech (meliputi payment gateway dan P2P lending), ERP, CRM, dan
E-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner
yang disebarkan kepada sejumlah UMKM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi teknologi digital di kalangan
UMKM masih belum optimal. Meskipun penggunaan payment gateway
menunjukkan tingkat adopsi yang lebih baik dibandingkan teknologi lainnya,
masih terdapat sebagian UMKM yang belum memanfaatkannya. Adopsi P2P
lending, ERP, dan CRM tergolong rendah, bahkan sebagian UMKM belum
familiar dengan konsep CRM.
Survei juga mengidentifikasi kebutuhan UMKM terkait digitalisasi, antara
lain peningkatan pengetahuan dan keterampilan digital, akses pembiayaan untuk
adopsi teknologi, pengurangan biaya operasional platform digital, perlindungan
dari persaingan tidak sehat, dan dukungan pengembangan website.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa diperlukan upaya terpadu dari
berbagai pihak, termasuk pemerintah, pelaku industri, dan UMKM itu sendiri,
untuk mengatasi tantangan dan mempercepat adopsi digital di kalangan UMKM
Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyebaran teknologi
UMKM di Indonesia masih menghadapi banyak hambatan. Diperlukan upaya
berkelanjutan untuk meningkatkan adopsi teknologi dan digitalisasi UMKM agar
dapat bersaing di pasar global.
Keywords : | SMEs, Small Business, Jabodetabek, Digitalization, UMKM, Jabodetabek, Digitalization |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Wahruroji Wahruroji |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 06:50 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 06:50 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15607 |