PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (STUDI EMPIRIS PADA COFFEE SHOP DI EKS KARESIDENAN SURAKARTA)

MUTIANTO, Pradwipa and HIDAYATI, Retno,(24 December 2024), PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (STUDI EMPIRIS PADA COFFEE SHOP DI EKS KARESIDENAN SURAKARTA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (59kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (169kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmark] Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas inovasi dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis melalui keunggulan bersaing sebagai variable intervening pada usaha coffee shop di eks Karesidenan Surakarta. Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah kinerja bisnis coffee shop di eks Karesidenan Surakarta yang masih belum optimal seperti yang diharapkan Dalam penelitian ini, populasinya adalah owner atau manger coffee shop yang telah beroperasi minimal 6 bulan. Penelitian ini menggunakan teknik non-random atau non probabilitas digunakan sebagai teknik sampling dipenelitian ini. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan kuesioner yang di sebarkan kepada responden. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation model (SEM) dengan AMOS 26 digunakan untuk menganalisis 170 data kuesioner. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa keunggulan bersaing berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja bisnis. Inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja bisnis. Inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing. Orientasi pasar berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja bisnis. Orientasi pasar berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, sehingga dapat diartikan bahwa keunggulan bersaing pada coffee shop di eks Karesidenan Surakarta dapat terwujud dengan baik apabila coffee shop melakukan orientasi pasar dengan baik.
Keywords : product innovation, market orientation, business performance and competitive advantage, inovasi produk, orientasi pasar, kinerja bisnis dan keunggulan bersaing
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Pradwipa Mutianto
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:56
Last Modified: 14 Jan 2025 03:57
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15663

Actions (login required)

View Item
View Item