PENINGKATAN KINERJA PERGURUAN TINGGI MELALUI TINDAKAN ADAPTIF-KOLABORATIF

KAMILIA, Nurul and SUHARNOMO, Suharnomo and PERDHANA, Mirwan Surya,(30 December 2024), PENINGKATAN KINERJA PERGURUAN TINGGI MELALUI TINDAKAN ADAPTIF-KOLABORATIF. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (76kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (97kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (201kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dinamika proses manajemen kampus berakibat pada semakin kompleksnya faktor penentu keberhasilan universitas untuk menunjukkan kinerja terbaiknya. Salah satu factor yang diyakini bisa membawa mengantarkan universitas untuk menghasilka kinerja terbaiknya adalah proses adaptasi dan kolaborasi melalui penyelarasan factor-faktor peningkatan kinerja, Di sisi lain, pada beberapa penelitian tentang penyelarasan, termasuk di insititusi pendidikan tinggi, memberikan hasil yang berbeda terhadap peningkatan kinerja. Selain itu penyelarasan sebagai suatu bagian dari pengembangan organisasi dengan melibatkan kemampuan eksekusi dan kemampuan adaptasi dan kolaborasi belum banyak dibicarakan. Oleh karena itu, studi dilakukan dengan tujuan untuk mencoba mengisi gap kesenjangan hasil penelitian antara penyelarasan dan peningkatan kinerja dengan mengembangkan sebuah model penelitian yang terdiri atas variabel proses penyelarasan strategis, variabel kemampuan eksekusi, variabel budaya pembelajaran dan variabel tindakan adaptif kolaboratif sebagai variabel baru yang coba untuk dikembangkan. Sampel penelitian pada studi ini adalah beberapa universitas di Jawa Tengah degan akreditasi A dan program studi sebagai unit analisisnya. Melalui pengolahan data menggunakan metode SMART PLS 3.0, terhadap 131 sampel yang berhasil terkumpul, didapatkan sebuah model penelitian dan jawaban atas beberapa hipotesis. Model penelitian yang dihasilkan yang menunjukkan bahwa bahwa proses penyelarasan strategis tidak berpengaruh secara langsung terhadap peningkatan kinerja. Peningkatan kinerja akan lebih efektif jika melalui kemampuan eksekusi maupun melalui pembelajaran organsiasi dan tindakan adaptif kolaboratif. Orisionalitas studi ini terletak pada pengembangan konsep baru yaitu tindakan adaptif kolaboratif yang memberikan penekanan khusus pada kemauan dari anggota organisasi untuk bertindak secara adaptif dan kolobatif dalam menyelesaikan tugas maupun melaksanakan program kerja
Keywords : Strategic Alignment Process, Execution Capability, Learning Culture, Adaptive Collaborative Action, Higher Education Performance, Proses Penyelarasan Strategis, Kemampuan Eksekusi, Budaya Pembelajaran, Tindakan Adaptif Kolaboratif, Kinerja Perguruan Tinggi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: nurul kamilia
Date Deposited: 30 Jan 2025 00:34
Last Modified: 30 Jan 2025 00:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15689

Actions (login required)

View Item
View Item