TOGATOROP, Adelyn Mardohar Hasianna and RETNO, Hidayati,(17 January 2025), ANALISIS PENGARUH SISTEM INFORMASI DAN INOVASI LAYANAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI (Studi Empiris Pada Rumah Sakit di Provinsi Jawa Timur). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (67kB)
![[thumbnail of Abstract (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (126kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (133kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (2MB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (170kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan menguji pengaruh pada implementasi sistem informasi, implementasi inovasi layanan, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja organisasi yang berfokus pada Rumah Sakit di Provinsi Jawa Timur. Tantangan utama yang dihadapi oleh organisasi terdapat pada peningkatan kinerja dapat diperoleh melalui implementasi sistem informasi dan implementasi inovasi layanan baik secara langsung maupun melibatkan variabel keunggulan bersaing.
Penelitian ini memiliki populasi sejumlah 417 yang mencakup Rumah Sakit di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara probabilistic sampling, yakni purposive sampling. Sementara itu, metode pengumpulan data penelitian ini adalah penggunaan kuesioner berbentuk Google Form yang disebarkan melalui WhatsApp kepada responden terkait. Sejumlah 203 data kuesioner dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan AMOS 24.
Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan bahwa terdapat 4 (empat) hasil hipotesis yang diterima dengan hasil signifikan, antara lain terdapat pengaruh positif yang signifikan pada implementasi sistem informasi terhadap kinerja organisasi, implementasi sistem informasi terhadap keunggulan bersaing, implementasi inovasi layanan terhadap keunggulan bersaing, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja organisasi, serta 1 (satu) hasil hipotesis yang tidak signifikan, yakni implementasi inovasi layanan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja organisasi dari 5 (lima) hipotesis yang diajukan.
Keywords : | Information System, Service Innovation Service, Competitive Advantage, Organizational Performance, Hospital, Sistem Informasi, Inovasi Layanan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Organisasi, Rumah Sakit |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Adelyn Mardohar Hasianna Togatorop |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 01:18 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 01:19 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15717 |