ANALISIS PENGARUH HOSPITALITY TERHADAP KEMAUAN PELANGGAN UNTUK MEMBAYAR HARGA PREMIUM PADA HOTEL BINTANG 5 DI JAKARTA

FITRIANI, Duhita Puspa and YOESTINI, Yoestini,(22 January 2025), ANALISIS PENGARUH HOSPITALITY TERHADAP KEMAUAN PELANGGAN UNTUK MEMBAYAR HARGA PREMIUM PADA HOTEL BINTANG 5 DI JAKARTA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan mengetahui serta merumuskan model teoritis yang menguji hubungan antara variabel perceived control, perceived fairness, trust, satisfaction dan emotional brand attachment, terhadap willingness to pay a premium price pada konsumen yang sudah pernah dan akan menginap di hotel bintang 5 di Jakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan Fairness Heuristic Theory dan Cognitive Appraisal Theory, dengan melibatkan 200 responden. Teknik analisisnya menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menganalisis dan menginterpretasi data, yang selanjutnya dilakukan pengolakan melalui software IBM SPSS AMOS 22. Hasilnya membuktikan semua hipotesis yang diuji diterima. Perceived control dan perceived fairness berpengaruh positif serta signifikan pada trust. Trust positif mempengaruhi satisfaction. Satisfaction positif memengaruhi emotional brand attachment. Selain itu, emotional brand attachment memiliki pengaruh signifikan positif pada willingness to pay a premium price. Temuan tersebut akan memperkaya literatur yang ada terkait pentingnya willingness to pay a premium price. Penelitian ini pun akan memberi wawasan baru dan akan melengkapi strategi pembisnis untuk meningkatkan konsumen dan keberlanjutan bisnisnya. Kontribusi orisinal dari penelitian ini terletak pada penerapan penggunaan Fairness Heuristic Theory dan Cognitive Appraisal Theory yang berfokus pada konsumen hotel bintang 5 di Jakarta. Selain dapat memperluas penerapan empiris, penelitian ini juga dapat memberikan wawasan yang dapat diimplementasikan oleh para praktisi untuk mengoptimalkan kinerja bisnis.
Keywords : Perceived Control, Perceived Fairness, Trust, Satisfaction, Emotional Brand Attachment, Willingness to Pay a Premium Price, Perceived Control, Perceived Fairness, Trust, Satisfaction, Emotional Brand Attachment, Willingness to Pay a Premium Price
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Duhita Puspa Fitriani
Date Deposited: 11 Feb 2025 10:50
Last Modified: 11 Feb 2025 10:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15737

Actions (login required)

View Item
View Item