PITASARI, Nimas Ayu Aulia and PERDHANA, Mirwan Surya,(30 July 2019), STUDI KASUS TERKAIT KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR OTOMOTIF DI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (120kB)
Download (120kB)
Text
- Published Version
Download (141kB)
Download (141kB)
Text
- Published Version
Download (126kB)
Download (126kB)
Text
- Published Version
Download (109kB)
Download (109kB)
Text
- Published Version
Download (161kB)
Download (161kB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang besar terhadap employee
outcome dan kinerja karyawan. Karyawan yang memiliki tingkat kepuasan kerja
tinggi cenderung lebih berkomitmen, memberikan kontribusi yang signifikan dan
dedikasi tinggi terhadap perusahaan. Oleh karena itu, kepuasan kerja dapat
meningkatkan kinerja karyawan serta kualitas pelayanan dan retensi karyawan.
Persaingan yang semakin kompetitif di sektor otomotif mendorong pentingnya
perusahaan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja
untuk mencegah employee turnover.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan narasumber
mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi kepuasan kerja karyawan
pada perusahaan otomotif di Semarang dan untuk mengetahui kondisi kepuasan
kerja karyawan pada perusahaan otomotif di Semarang.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan diidentifikasi
melalui literature review dari berbagai jurnal. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode pendekatan studi kasus kualitatif dengan 10
narasumber dari dua perusahaan otomotif yaitu PT Red Velvet dan PT Black Pink
dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui wawancara dan
observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi
kondisi kepuasan kerja karyawan sektor otomotif di Semarang adalah isi
pekerjaan, manajemen, lingkungan kerja, kompensasi, promosi kerja, pelatihan
dan citra perusahaan. Secara umum narasumber pada kedua perusahaan otomotif
di Semarang cenderung puas dengan pekerjaannya. Kompensasi, lingkungan kerja
dan isi pekerjaan menjadi faktor paling dominan yang mempengaruhi kepuasan
kerja karyawan pada perusahaan otomotif di Semarang.
Keywords : | Job Satisfaction, Job Content, Management, Work Envinronment, Compensation, Promotion, Training, Corporate Image., Kepuasan kerja, isi pekerjaan, manajemen, lingkungan kerja, kompensasi, promosi kerja, pelatihan, sektor otomotif |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 08:50 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 08:50 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1577 |