ANALISIS PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI MEDIATOR (Studi pada Pengguna Lipstik Wardah di Kota Semarang)

NURSUKMA, Arini Rizkia and KHASANAH, Imroatul,(20 February 2025), ANALISIS PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI MEDIATOR (Studi pada Pengguna Lipstik Wardah di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (12kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (34kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (207kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Industri kosmetik, khususnya produk lipstik, semakin berkembang pesat seiring meningkatnya minat konsumen terhadap produk kecantikan. Di era digital ini, media sosial dan influencer telah menjadi alat pemasaran yang sangat efektif dalam mempengaruhi preferensi serta keputusan pembelian konsumen. Namun, penurunan popularitas merek lipstik Wardah menunjukkan adanya tantangan bagi perusahaan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah persaingan yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh social media marketing dan kredibilitas influencer terhadap keputusan pembelian produk lipstik Wardah, dengan mempertimbangkan peran kepercayaan merek sebagai faktor perantara. Dalam penelitian ini, menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih partisipan yang sesuai, yaitu pengguna lipstik Wardah di Kota Semarang. Daya dikumpulkan melalui survei online menggunakan google form yang disebarluaskan kepada responden yang memenuhi kriteria tersebut. Sebanyak 135 responden memberikan tanggapan dalam survei ini. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi social media marketing dan kredibilitas influencer memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepercayaan konsumen terhadap merek Wardah. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa baik social media marketing, kredibilitas influencer, maupun tingkat kepercayaan konsumen terhadap merek secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk lipstik Wardah.
Keywords : Social Media Marketing, Influencer Credibility, Brand Trust, Purchasing Decision., Pemasaran Media Sosial, Kredibilitas Influencer, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arini Rizkia Nursukma
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:18
Last Modified: 27 Feb 2025 04:18
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15818

Actions (login required)

View Item
View Item