INTENSI PENGGUNAAN SHARIA E-COMMERCE MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN EXTENDED THEORY OF PLANNED BEHAVIOR PADA GENERASI Z MUSLIM DI JAWA TENGAH

MAHARANI, Dita Indah and KAFABIH, An'im,(24 February 2025), INTENSI PENGGUNAAN SHARIA E-COMMERCE MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN EXTENDED THEORY OF PLANNED BEHAVIOR PADA GENERASI Z MUSLIM DI JAWA TENGAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (245kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (257kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masih banyak masyarakat yang perlu mempelajari fitur-fitur sharia e-commerce dari platform yang ada di Indonesia. Sehingga diperlukan wawasan dan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan situs belanja online yang halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intention to use sharia e-commerce dengan pendekatan TAM dan TPB pada generasi Z muslim di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan model TAM dan TPB sebagai konstruk penelitian dan menggabungkan ihsan dan religiusitas untuk mengidentifikasi niat menggunakan e-commerce syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dari responden yang mengisi kuesioner dengan kriteria tertentu. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 125 responden. Proses pengolahan data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menemukan bahwa Attitude Toward Behavior, Perceived Behavioral Control, Perceived Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Use sharia E-Commerce, sedangkan variabel Perceived Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Usefulness. Begitu pula dengan variabel Ihsan dan Religiusitas terhadap Attitude Toward Behaviour yang menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini berpengaruh sebesar 87,4% terhadap Intention to Use dan sisanya sebesar 12,6% dijelaskan oleh konstruk lain di luar variabel penelitian ini.
Keywords : Sharia e-commerce, Intention to use, TAM, TPB, Ihsan, Religiusitas, E-commerce syariah, Niat untuk menggunakan, TAM, TPB, Ihsan, Religiusitas
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Dita Indah Maharani
Date Deposited: 12 Mar 2025 07:19
Last Modified: 12 Mar 2025 07:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15873

Actions (login required)

View Item
View Item