ANALISIS PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, ATMOSFER TOKO, DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Miniso di Kota Semarang)

SALSABILA, Nadhifa and INDRIANI, Farida,(19 March 2025), ANALISIS PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, ATMOSFER TOKO, DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Miniso di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (205kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (265kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (209kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (273kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (268kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Industri retail modern di Indonesia semakin berkembang pesat dan kompetitif sehingga menuntut strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian konsumen. Miniso menghadapi tantangan dalam meningkatkan pembelian impulsif di tengah persaingan dengan retail lain. Melihat kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis promosi penjualan, atmosfer toko, dan motivasi belanja hedonis berpotensi mempengaruhi perilaku pembelian impulsif, tetapi masih perlu dikaji lebih lanjut, terutama peran emosi positif sebagai variabel intervening. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian produk Miniso minimal satu kali melalui offline store di Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 130 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data yang telah dikumpulkan diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis AMOS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Emosi Positif. Atmosfer Toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Emosi Positif. Motivasi Belanja Hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Emosi Positif. Emosi Positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif.
Keywords : Sales Promotion, Store Atmosphere, Hedonic Shopping Motivation, Positive Emotion, Impulsive Buying, Promosi Penjualan, Atmosfer Toko, Motivasi Belanja Hedonis, Emosi Positif, Pembelian Impulsif
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nadhifa Salsabila
Date Deposited: 19 Mar 2025 06:40
Last Modified: 19 Mar 2025 06:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15919

Actions (login required)

View Item
View Item