SALSABILA, Nadhifa and INDRIANI, Farida,(19 March 2025), ANALISIS PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, ATMOSFER TOKO, DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Miniso di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (205kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (265kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (209kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (273kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (268kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Industri retail modern di Indonesia semakin berkembang pesat dan kompetitif sehingga menuntut strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian konsumen. Miniso menghadapi tantangan dalam meningkatkan pembelian impulsif di tengah persaingan dengan retail lain. Melihat kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis promosi penjualan, atmosfer toko, dan motivasi belanja hedonis berpotensi mempengaruhi perilaku pembelian impulsif, tetapi masih perlu dikaji lebih lanjut, terutama peran emosi positif sebagai variabel intervening.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian produk Miniso minimal satu kali melalui offline store di Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 130 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data yang telah dikumpulkan diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis AMOS 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Emosi Positif. Atmosfer Toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Emosi Positif. Motivasi Belanja Hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Emosi Positif. Emosi Positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif.
Keywords : | Sales Promotion, Store Atmosphere, Hedonic Shopping Motivation, Positive Emotion, Impulsive Buying, Promosi Penjualan, Atmosfer Toko, Motivasi Belanja Hedonis, Emosi Positif, Pembelian Impulsif |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nadhifa Salsabila |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 06:40 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 06:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15919 |