PENGARUH DUTA MEREK, CITRA MEREK, DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Somethinc di Kota Semarang)

RAHMAWATI, Anailul and MAHFUDZ, Mahfudz,(18 March 2025), PENGARUH DUTA MEREK, CITRA MEREK, DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Somethinc di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (174kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (67kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (99kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (108kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh yang timbul dari duta merek, citra merek, dan electronic word-of-mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian dengan dimediasi oleh minat beli. Penelitian ini menggunakan duta merek, citra merek, dan e-WOM sebagai variabel independen, keputusan pembelian sebagai variabel dependen, serta minat beli sebagai variabel intervening. Data penelitian diperoleh dari 130 responden yang merupakan konsumen Somethinc di Kota Semarang melalui kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup dengan skala Likert 1-5, yang kemudian disebarkan secara daring. Analisis penelitian dilakukan dengan metode Structural Equation Model (SEM) menggunakan software AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa duta merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian, citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian, e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli serta keputusan pembelian. Kemudian, minat beli juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keywords : Brand ambassadors, brand image, electronic word-of-mouth (e-WOM), purchase intention, purchase decision., Duta merek, citra merek, dan electronic word-of-mouth (e-WOM), minat beli, keputusan pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Anailul Rahmawati
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:06
Last Modified: 24 Mar 2025 04:06
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15957

Actions (login required)

View Item
View Item