ANALISIS PENGARUH PERCEIVED SCARCITY TERHADAP IMPULSE BUYING TENDENCIES DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Eksperimen pada Pelanggan Fast Fashion di Semarang)

PRAWESTI, Irnaditya Dwi and INDRIANI, Farida,(21 March 2025), ANALISIS PENGARUH PERCEIVED SCARCITY TERHADAP IMPULSE BUYING TENDENCIES DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Eksperimen pada Pelanggan Fast Fashion di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (116kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (57kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (69kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (121kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived scarcity terhadap impulse buying tendencies, dengan fear of missing out (FOMO) sebagai variabel mediasi pada pelanggan fast fashion di Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain posttest-only control group, dengan responden siswa SMA yang dibagi ke dalam empat kelompok berdasarkan jenis kelangkaan: Limited-Quantity Scarcity (LQS) dan Limited-Time Scarcity (LTS). Analisis data menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menunjukkan bahwa perceived scarcity berpengaruh signifikan terhadap impulse buying tendencies, baik secara langsung maupun melalui FOMO sebagai mediasi. Hasil ini menunjukkan bahwa kelangkaan dapat meningkatkan urgensi dan ketakutan pelanggan dalam keputusan pembelian impulsif. Temuan ini memberikan implikasi bagi industri fast fashion dalam merancang strategi pemasaran berbasis kelangkaan. Dengan memahami peran FOMO sebagai perantara, brand dapat lebih efektif dalam mendorong perilaku konsumsi impulsif pelanggan.
Keywords : Perceived Scarcity, FOMO, Impulse Buying, Fast Fashion, Experiment, Perceived Scarcity, FOMO, Impulse Buying Tendencies, Fast Fashion, Eksperimen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Irnaditya Dwi Prawesti
Date Deposited: 26 Mar 2025 02:46
Last Modified: 26 Mar 2025 02:46
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16007

Actions (login required)

View Item
View Item