AMARTYA, Zheina and MAHFUDZ, Mahfudz,(24 March 2025), PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PLATFORM E-COMMERCE (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (129kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (113kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (183kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (235kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (200kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (8MB) | Request a copy
Abstract
Kemajuan teknologi dan informasi telah mendorong munculnya ecommerce sebagai platform utama transaksi online, memudahkan interaksi antara
produsen dan konsumen. Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce
terkemuka di Indonesia, mencatatkan angka kunjungan yang sangat tinggi pada
kuartal pertama tahun 2023, mengungguli pesaing seperti Tokopedia dan Lazada.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis
dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif dengan Emosi Positif sebagai
Variabel Mediasi.
Data penelitian didapatkan dari 113 responden yang merupakan pengguna
konsumen Shopee di Kota Semarang melalui kuesioner yang terdiri dari pertanyaan
terbuka dan tertutup dengan skala Likert 1–5 yang disebarkan secara daring.
Analisis penelitian dilakukan dengan metode Structural Equation Model (SEM)
menggunakan software AMOS 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belanja hedonis dan
promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif.
Motivasi belanja hedonis meningkatkan emosi positif, yang memperkuat
kecenderungan pembelian impulsif, sementara promosi penjualan yang menarik
juga memicu emosi positif, mendorong peningkatan pembelian impulsif. Emosi
positif berfungsi sebagai mediator yang memperkuat pengaruh motivasi belanja
hedonis dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif.
Keywords : | hedonic shopping motivation, sales promotion, positive emotions, impulse buying, e-commerce, motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, emosi positif, pembelian impulsif, e-commerce |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Zheina Amartya |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 02:59 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 02:59 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16036 |