PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PLATFORM E-COMMERCE (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Semarang)

AMARTYA, Zheina and MAHFUDZ, Mahfudz,(24 March 2025), PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PLATFORM E-COMMERCE (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (129kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (113kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (183kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (235kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi telah mendorong munculnya ecommerce sebagai platform utama transaksi online, memudahkan interaksi antara produsen dan konsumen. Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, mencatatkan angka kunjungan yang sangat tinggi pada kuartal pertama tahun 2023, mengungguli pesaing seperti Tokopedia dan Lazada. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif dengan Emosi Positif sebagai Variabel Mediasi. Data penelitian didapatkan dari 113 responden yang merupakan pengguna konsumen Shopee di Kota Semarang melalui kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan tertutup dengan skala Likert 1–5 yang disebarkan secara daring. Analisis penelitian dilakukan dengan metode Structural Equation Model (SEM) menggunakan software AMOS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belanja hedonis dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Motivasi belanja hedonis meningkatkan emosi positif, yang memperkuat kecenderungan pembelian impulsif, sementara promosi penjualan yang menarik juga memicu emosi positif, mendorong peningkatan pembelian impulsif. Emosi positif berfungsi sebagai mediator yang memperkuat pengaruh motivasi belanja hedonis dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif.
Keywords : hedonic shopping motivation, sales promotion, positive emotions, impulse buying, e-commerce, motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, emosi positif, pembelian impulsif, e-commerce
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Zheina Amartya
Date Deposited: 27 Mar 2025 02:59
Last Modified: 27 Mar 2025 02:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16036

Actions (login required)

View Item
View Item