PENGARUH HUMOR PADA IKLAN, KOGNITIF, DAN EMOSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN SIKAP TERHADAP MEREK SEBAGAI MEDIATOR (Studi pada Konsumen Gojek di Kota Semarang)

HERWIENDA, Yoshefine Maharani and MAHFUDZ, Mahfudz,(24 March 2025), PENGARUH HUMOR PADA IKLAN, KOGNITIF, DAN EMOSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN SIKAP TERHADAP MEREK SEBAGAI MEDIATOR (Studi pada Konsumen Gojek di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (230kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (113kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (133kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (140kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (117kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan pembelian konsumen menjadi fokus utama dalam pemasaran, di mana faktor seperti produk, harga, tempat, dan promosi mempengaruhi pola pikir konsumen. Proses pengambilan keputusan ini dipengaruhi oleh empat indikator utama: merumuskan tujuan, menetapkan kriteria, menyaring alternatif, dan memilih pilihan terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana proses pengambilan keputusan pembelian, khususnya pada pengguna Gojek di Kota Semarang, dipengaruhi oleh keempat indikator tersebut. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 125 responden pengguna layanan Gojek di Kota Semarang. Pendekatan analisis data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini ialah Structural Equation Model (SEM) dengan software AMOS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan humor pada iklan, kemampuan kognitif, dan keterlibatan emosional berpengaruh positif secara langsung dan signifikan terhadap sikap terhadap merek. Sedangkan sikap terhadap merek memiliki pengaruh positif secara langsung dan signifikan juga terhadap pengambilan keputusan pembelian. Terdapat juga pengaruh tidak langsung yaitu melalui variabel keefektifan humor pada iklan, kemampuan kognitif, dan keterlibatan emosional terhadap pengambilan keputusan pembelian.
Keywords : Effectiveness of Humor in Advertising, Cognitive Ability, Emotional Engagement, Attitude towards the Brand, and Purchase Decision Making., Keefektifan Humor pada Iklan, Kemampuan Kognitif, Keterlibatan Emosional, Sikap terhadap Merek, dan Pengambilan Keputusan Pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yoshefine Maharani Herwienda
Date Deposited: 27 Mar 2025 04:17
Last Modified: 27 Mar 2025 04:17
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16042

Actions (login required)

View Item
View Item