ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI PASAR RAKYAT INDONESIA (PARI) DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI PT BANK RAKYAT INDONESIA

BASUKI, Hari and INDRIANI, Farida,(6 March 2025), ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI PASAR RAKYAT INDONESIA (PARI) DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI PT BANK RAKYAT INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (20kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (93kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kegunaan, persepsi manfaat, dan persepsi risiko terhadap minat penggunaan Aplikasi Pasar Rakyat Indonesia (PARI) dengan sikap sebagai variabel mediasi di PT Bank Rakyat Indonesia. Transformasi digital dalam sektor perbankan dan perdagangan mendorong adopsi aplikasi berbasis teknologi seperti PARI. Namun, pertumbuhan pengguna yang melambat di tahun 2024 menunjukkan perlunya pemahaman lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang memengaruhi minat pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivisme. Data dikumpulkan melalui survei terhadap pengguna dan calon pengguna aplikasi PARI. Analisis data dilakukan dengan metode statistik untuk menguji hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan bagi PT Bank Rakyat Indonesia dalam meningkatkan adopsi Aplikasi PARI melalui penguatan persepsi kegunaan, manfaat, dan mitigasi risiko yang dirasakan pengguna. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi pada pengembangan literatur terkait adopsi teknologi di sektor keuangan digital, khususnya dalam konteks perbankan di Indonesia.
Keywords : Perception of Usefulness, Perception of Benefits, Perception of Risk, Attitude, Interest in Use, PARI Application, Digital Banking., Persepsi Kegunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Sikap, Minat Penggunaan, Aplikasi PARI, Digital Banking.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Hari Basuki
Date Deposited: 08 Apr 2025 06:37
Last Modified: 08 Apr 2025 06:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16054

Actions (login required)

View Item
View Item