PAMUNGKAS, Nugroho and KUSUMAWARDHANI, Amie,(17 March 2025), ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP REPUTASI BANK ABC DIMODERASI STRATEGI KOMUNIKASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (125kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (193kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (200kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (203kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (167kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Bank ABC merupakan bank milik negara terbesar di Indonesia. Oleh
karena itu, Bank ABC perlu menjaga reputasi perusahaan yang telah dibangun
dengan baik untuk memberikan pelayanan terhadap nasabah sekaligus
menciptakan nilai tambah bagi masyarakat sekitar. Reputasi perusahaan adalah
aset yang sangat berharga karena dapat meningkatkan kepercayaan publik serta
daya saing perusahaan di industri perbankan. Dalam menjalankan bisnisnya,
kualitas layanan perlu dijaga dan ditingkatkan untuk mempertahankan serta
memperkuat reputasi perusahaan. Selain itu, faktor lain yang dimungkinkan dapat
berkontribusi dalam meningkatkan reputasi adalah program CSR. Untuk
memastikan bahwa nilai-nilai CSR dan layanan berkualitas dapat diterima dengan
baik oleh masyarakat, strategi komunikasi yang efektif diperlukan guna
menyampaikan inisiatif perusahaan secara optimal.
Dalam penelitian ini, dilakukan analisis yang memiliki tujuan untuk
melihat pengaruh CSR Bank ABC dan kualitas layanan terhadap reputasi bank.
Selain itu, penelitian ini akan mengkaji secara mendalam apakah strategi
komunikasi dapat memoderasi pengaruh CSR kepada Reputasi Bank ABC.
Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode Partial Least Square (PLS)
untuk menganalisis hubungan antar variabel. Data dikumpulkan melalui survei
yang melibatkan 114 responden, terdiri dari pengguna layanan perbankan dan
penerima manfaat program CSR Bank ABC. Pengolahan data dilakukan
menggunakan SmartPLS untuk menguji hubungan antara variabel eksogen dan
endogen serta peran strategi komunikasi dalam memperkuat keterkaitan antara
CSR dan reputasi perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR dan kualitas layanan memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan. Lebih lanjut,
strategi komunikasi dapat memperkuat pengaruh CSR terhadap reputasi
perusahaan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi Bank
ABC untuk merancang strategi CSR, kualitas layanan, dan strategi komunikasi
yang lebih efektif guna membangun reputasi yang lebih kuat dan berkelanjutan.
Keywords : | CSR, Corporate Reputation, Service Quality, Communication Strategy, CSR, Reputasi Perusahaan, Kualitas Layanan, Strategi Komunikasi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nugroho Pamungkas |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 09:10 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 09:10 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16069 |