KONTROL SISTEM TENAGA PEMASAR DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN OLEH AGEN BRILINK STUDI KASUS PADA KANTOR CABANG BRI SLAWI

SANTOSO, Wibowo Iman and SUKRESNA, I Made,(19 March 2025), KONTROL SISTEM TENAGA PEMASAR DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN OLEH AGEN BRILINK STUDI KASUS PADA KANTOR CABANG BRI SLAWI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (69kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (173kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (181kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (172kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

BRILink merupakan perpanjangan tangan bank BRI untuk menjangkau masyarakat yang sulit terjamah kantor unit. Penelitian ini berawal dari sebuah temuan bahwa terdapat persentase simpanan yang berasal dari transaksi di Agen BRILink yang rendah dan kurang optimalnya kontrol sistem tenaga pemasaran yang diterapkan oleh pihak BRI di wilayah Kerja Kantor Cabang BRI Slawi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan manajemen hubungan pelanggan, kontrol sistem tenaga pemasar, dan strategi peningkatan performa penjualan produk simpanan oleh agen BRILink di wilayah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan focus group discussion (FGD) dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah pemangku kepentingan dan agen BRILink di Kantor Cabang BRI Slawi, dengan sampel yang terdiri dari beberapa agen yang aktif dalam kemitraan dengan BRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun agen BRILink memiliki inovasi dalam pemasaran, pengendalian dan pelatihan soft skill masih perlu diperkuat untuk meningkatkan kinerja mereka. Selain itu, faktor eksternal seperti penurunan kepercayaan masyarakat dan kondisi ekonomi pasca-pandemi turut mempengaruhi penurunan simpanan yang disimpan di BRI.
Keywords : Banking Marketing Strategy, Customer Relationship Management, Marketing Force System Control, Performance Improvement Strategy, Strategi Pemasaran Perbankan, Manajemen Hubungan Pelanggan, Kontrol Sistem Tenaga Pemasar, Strategi Peningkatan Performa
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Wibowo Iman Santoso
Date Deposited: 10 Apr 2025 04:00
Last Modified: 10 Apr 2025 04:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16072

Actions (login required)

View Item
View Item