PENGARUH STRATEGI BISNIS DAN INOVASI PRODUK, TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA UMKM DI KOTA SEMARANG)

SINUDARSONO, Kevin and WAHYUDI, Sugeng,(19 March 2025), PENGARUH STRATEGI BISNIS DAN INOVASI PRODUK, TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA UMKM DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (77kB)
[thumbnail of Abstark (Inggris)] Text (Abstark (Inggris)) - Published Version
Download (73kB)
[thumbnail of Abstark (Indonesia)] Text (Abstark (Indonesia)) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (709kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (158kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan analisis omset beberapa burjo di Semarang, ditemukan fluktuasi yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti libur mahasiswa, kurangnya strategi bisnis, kualitas pelayanan, serta kurangnya inovasi produk dan keunggulan kompetitif. Penurunan omset yang signifikan pada beberapa burjo mencerminkan masalah dalam pengelolaan bisnis, di mana banyak burjo yang belum mampu meningkatkan kinerja bisnis secara optimal. Studi ini berfokus pada pengembangan strategi bisnis dan inovasi untuk meningkatkan produktivitas bisnis dengan menggunakan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Studi ini menyoroti beberapa permasalahan yang telah dikemukakan dalam penelitian sebelumnya mengenai hubungan antara strategi bisnis, inovasi, dan praktik kerja bisnis. Populasinya pada penelitian ini ialah pengelola UMKM Burjo yang terlah berdiri selama dua tahun dan berada di daerah Semarang. Penelitian ini menggunakan 100 sampel UMKM Burjo yang terlah berdiri selama dua tahun dan berada di daerah Semarang (Semarang Selatan Semarang Timur Semarang Barat Semarang Tengah). Data primer untuk studi ini dikumpulkan dengan mendistribusikan kuesioner langsung kepada pengelola UMKM Burjo di Kota Semarang. Data sekunder dalam penelitian ini berasal dari penjualan dan penerimaan UMKM Burjo di Semarang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup Koefisien Determinasi (R²), Uji Predictive Relevance (Q²), Goodness of Fit Model (GoF), Path Coefficient, dan Uji Instrumen (validitas dan reliabilitas). Analisis data menggunakan PLS-SEM dilakukan dengan perangkat SmartPLS Professional 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis yang efektif, yang didasarkan pada kemampuan manajerial yang baik dan pengelolaan sumber daya yang optimal, berhasil memanfaatkan peluang pasar dan mempertahankan posisi kompetitif. Inovasi produk, seperti perluasan lini dan pengembangan produk baru, meningkatkan daya tarik konsumen serta memperluas pangsa pasar, yang berimbas pada peningkatan penjualan dan laba. Keunggulan bersaing yang diperoleh dari efisiensi, kualitas produk, dan harga yang bersaing memperkuat posisi Burjo di pasar dan mendorong kinerja bisnis yang lebih baik. Secara keseluruhan, baik strategi bisnis maupun inovasi produk terbukti krusial dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM Burjo. Dari penelitian tersebut dapat simpulkan bahwa strategi bisnis dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis melalui keunggulan bersaing. Kata kunci : inovasi produk, keunggulan bersaing, kinerja bisnis, strategi bisnis
Keywords : product innovation, competitive advantage, business performance, business strategy, inovasi produk, keunggulan bersaing, kinerja bisnis, strategi bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Kevin Sinudarsono
Date Deposited: 10 Apr 2025 08:07
Last Modified: 10 Apr 2025 08:09
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16074

Actions (login required)

View Item
View Item