SINUDARSONO, Kevin and WAHYUDI, Sugeng,(19 March 2025), PENGARUH STRATEGI BISNIS DAN INOVASI PRODUK, TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA UMKM DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (77kB)
![[thumbnail of Abstark (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (73kB)
![[thumbnail of Abstark (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (71kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (709kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (158kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan analisis omset beberapa burjo di Semarang, ditemukan fluktuasi
yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti libur mahasiswa, kurangnya strategi
bisnis, kualitas pelayanan, serta kurangnya inovasi produk dan keunggulan
kompetitif. Penurunan omset yang signifikan pada beberapa burjo mencerminkan
masalah dalam pengelolaan bisnis, di mana banyak burjo yang belum mampu
meningkatkan kinerja bisnis secara optimal. Studi ini berfokus pada pengembangan
strategi bisnis dan inovasi untuk meningkatkan produktivitas bisnis dengan
menggunakan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Studi ini menyoroti
beberapa permasalahan yang telah dikemukakan dalam penelitian sebelumnya
mengenai hubungan antara strategi bisnis, inovasi, dan praktik kerja bisnis.
Populasinya pada penelitian ini ialah pengelola UMKM Burjo yang terlah
berdiri selama dua tahun dan berada di daerah Semarang. Penelitian ini
menggunakan 100 sampel UMKM Burjo yang terlah berdiri selama dua tahun dan
berada di daerah Semarang (Semarang Selatan Semarang Timur Semarang Barat
Semarang Tengah). Data primer untuk studi ini dikumpulkan dengan
mendistribusikan kuesioner langsung kepada pengelola UMKM Burjo di Kota
Semarang. Data sekunder dalam penelitian ini berasal dari penjualan dan
penerimaan UMKM Burjo di Semarang. Metode analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini mencakup Koefisien Determinasi (R²), Uji Predictive
Relevance (Q²), Goodness of Fit Model (GoF), Path Coefficient, dan Uji Instrumen
(validitas dan reliabilitas). Analisis data menggunakan PLS-SEM dilakukan dengan
perangkat SmartPLS Professional 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis yang efektif, yang
didasarkan pada kemampuan manajerial yang baik dan pengelolaan sumber daya
yang optimal, berhasil memanfaatkan peluang pasar dan mempertahankan posisi
kompetitif. Inovasi produk, seperti perluasan lini dan pengembangan produk baru,
meningkatkan daya tarik konsumen serta memperluas pangsa pasar, yang berimbas
pada peningkatan penjualan dan laba. Keunggulan bersaing yang diperoleh dari
efisiensi, kualitas produk, dan harga yang bersaing memperkuat posisi Burjo di
pasar dan mendorong kinerja bisnis yang lebih baik. Secara keseluruhan, baik
strategi bisnis maupun inovasi produk terbukti krusial dalam mendukung
pertumbuhan dan perkembangan UMKM Burjo. Dari penelitian tersebut dapat
simpulkan bahwa strategi bisnis dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap
kinerja bisnis melalui keunggulan bersaing.
Kata kunci : inovasi produk, keunggulan bersaing, kinerja bisnis, strategi bisnis
Keywords : | product innovation, competitive advantage, business performance, business strategy, inovasi produk, keunggulan bersaing, kinerja bisnis, strategi bisnis |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Kevin Sinudarsono |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 08:07 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 08:09 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16074 |