PERAN SOCIAL LEARNING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA SHORT VIDEO COMMERCE DENGAN BRAND REPUTATION DAN CONSUMER ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PENGGUNA TIKTOK INDONESIA)

SHIDIQ, Muhammad Jafar and BATU, Kardison Lumban,(21 April 2025), PERAN SOCIAL LEARNING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA SHORT VIDEO COMMERCE DENGAN BRAND REPUTATION DAN CONSUMER ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PENGGUNA TIKTOK INDONESIA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (156kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (67kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (83kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (512kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri short video commerce berkembang pesat, terutama di platform seperti TikTok. Fenomena ini menyoroti pentingnya keterlibatan konsumen dalam proses pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran sosial terhadap keterlibatan konsumen dengan reputasi merek dan sikap konsumen sebagai variabel intervening. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei pada 200 pengguna aktif TikTok di Indonesia. Model penelitian diuji menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi dalam kolom komentar dan ulasan produk berperan signifikan dalam membentuk sikap konsumen terhadap influencer dan produk. Selain itu, reputasi merek terbukti memediasi hubungan antara pembelajaran sosial dan keterlibatan konsumen. Sikap terkait influencer dan produk juga secara signifikan meningkatkan keterlibatan konsumen dalam short video commerce. Temuan ini menegaskan bahwa pembelajaran sosial melalui interaksi digital memiliki dampak kuat terhadap keputusan dan keterlibatan konsumen dalam ekosistem pemasaran berbasis video pendek.
Keywords : Social learning, consumer engagement, brand reputation, consumer attitude, short video commerce, TikTok., Pembelajaran sosial, keterlibatan konsumen, reputasi merek, sikap konsumen, short video commerce, TikTok.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Muhammad Jafar Shidiq
Date Deposited: 02 May 2025 03:40
Last Modified: 02 May 2025 03:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16104

Actions (login required)

View Item
View Item