SHIDIQ, Muhammad Jafar and BATU, Kardison Lumban,(21 April 2025), PERAN SOCIAL LEARNING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA SHORT VIDEO COMMERCE DENGAN BRAND REPUTATION DAN CONSUMER ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PENGGUNA TIKTOK INDONESIA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (156kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (67kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (83kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (106kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (512kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Industri short video commerce berkembang pesat, terutama di platform seperti
TikTok. Fenomena ini menyoroti pentingnya keterlibatan konsumen dalam proses
pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
pembelajaran sosial terhadap keterlibatan konsumen dengan reputasi merek dan
sikap konsumen sebagai variabel intervening. Pendekatan kuantitatif digunakan
dengan metode survei pada 200 pengguna aktif TikTok di Indonesia. Model
penelitian diuji menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan
AMOS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi dalam kolom komentar dan
ulasan produk berperan signifikan dalam membentuk sikap konsumen terhadap
influencer dan produk. Selain itu, reputasi merek terbukti memediasi hubungan
antara pembelajaran sosial dan keterlibatan konsumen. Sikap terkait influencer dan
produk juga secara signifikan meningkatkan keterlibatan konsumen dalam short
video commerce. Temuan ini menegaskan bahwa pembelajaran sosial melalui
interaksi digital memiliki dampak kuat terhadap keputusan dan keterlibatan
konsumen dalam ekosistem pemasaran berbasis video pendek.
Keywords : | Social learning, consumer engagement, brand reputation, consumer attitude, short video commerce, TikTok., Pembelajaran sosial, keterlibatan konsumen, reputasi merek, sikap konsumen, short video commerce, TikTok. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Muhammad Jafar Shidiq |
Date Deposited: | 02 May 2025 03:40 |
Last Modified: | 02 May 2025 03:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16104 |