PENGARUH KEWAJARAN HARGA, KUALITAS LAYANAN, DAN NILAI YANG DIRASAKAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPERCAYAAN (Studi Pada Pengguna Maxim di Semarang)

LESTARI, Devi and SUKRESNA, I Made,(7 May 2025), PENGARUH KEWAJARAN HARGA, KUALITAS LAYANAN, DAN NILAI YANG DIRASAKAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPERCAYAAN (Studi Pada Pengguna Maxim di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi besar di berbagai sektor, termasuk layanan transportasi. Salah satu bentuknya adalah hadirnya layanan transportasi online seperti Maxim yang menawarkan harga relatif lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya. Namun demikian, masih terdapat persepsi negatif terhadap kualitas layanan dan transparansi harga yang ditawarkan Maxim, khususnya di Kota Semarang. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai sejauh mana faktor-faktor seperti kewajaran harga, kualitas layanan, dan nilai yang dirasakan mampu memengaruhi kepuasan pelanggan serta berdampak pada kepercayaan pengguna terhadap layanan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik non-probability sampling dan metode purposive sampling. Jumlah responden sebanyak 102 pengguna aktif Maxim di Kota Semarang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dalam bentuk Google Form, dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Variabel yang diteliti meliputi kewajaran harga, kualitas layanan, nilai yang dirasakan, kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening, dan kepercayaan pelanggan sebagai variabel dependen. Analisis model pengukuran dan struktural dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, serta hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewajaran harga, kualitas layanan, dan nilai yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya, kepuasan pelanggan terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan terhadap layanan Maxim. Temuan ini memberikan implikasi bahwa perusahaan perlu memperhatikan aspek harga yang adil, peningkatan kualitas layanan, dan penciptaan nilai lebih bagi pelanggan guna meningkatkan loyalitas dan kepercayaan konsumen terhadap layanan transportasi online Maxim.
Keywords : Price Fairness, Service Quality, Perceived Value, Customer Satisfaction, Trust., Kewajaran Harga, Kualitas Layanan, Nilai yang Dirasakan, Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Devi Lestari
Date Deposited: 22 May 2025 08:08
Last Modified: 22 May 2025 08:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16157

Actions (login required)

View Item
View Item