ANALISIS PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, EASE OF USE, DAN SUBJECTIVE NORM TERHADAP IMPULSIVE BUYING DENGAN PERAN ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Semarang)

IRVANDA, Fadya Diva and KHASANAH, Imroatul,(19 May 2025), ANALISIS PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, EASE OF USE, DAN SUBJECTIVE NORM TERHADAP IMPULSIVE BUYING DENGAN PERAN ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (275kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (256kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tokopedia merupakan salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, menempati posisi kedua setelah Shopee dalam jumlah pengunjung. Namun, dalam beberapa bulan, mengalami penurunan pengguna dan mendapat penilaian kurang baik, yang berpotensi menurunkan minat mereka dalam berbelanja di Tokopedia, terutama untuk pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan (perceived usefulness), kemudahan penggunaan (ease of use), dan norma subjektif (subjective norm) terhadap pembelian impulsif (impulsive buying) dengan sikap pengguna (attitude) sebagai variabel intervening pada pengguna aplikasi Tokopedia di Kota Semarang. Data dari 185 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode SEM (Structural Equation Model) menggunakan AMOS (Analysis Moment of Structural) 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi kegunaan (perceived usefulness) dan norma subjektif (subjective norm) berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap pengguna (attitude). Namun, kemudahan penggunaan (ease of use) tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan sikap pengguna. Selain itu, sikap pengguna terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif (impulsive buying). Implikasi manajerial dari temuan ini adalah bahwa Tokopedia dapat mempertimbangkan peningkatan kegunaan aplikasi serta faktor eksternal di luar aplikasi, seperti norma subjektif, yang dapat memengaruhi sikap pengguna. Dengan demikian, Tokopedia dapat mendorong lebih banyak pengguna untuk melakukan pembelian impulsif melalui platformnya.
Keywords : Perceived usefulness, ease of use, subjective norm, attitude, impulsive buying., Persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, norma subjektif, sikap pengguna, pembelian impulsif.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Fadya Diva Irvanda
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:45
Last Modified: 04 Jun 2025 08:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16205

Actions (login required)

View Item
View Item