ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA LIVE STREAMING TIKTOKSHOP DENGAN PERCEIVED ENJOYMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Generasi Z Beragama Islam DI Kota Semarang

NUGRAHA, Virgiawan Agustiar and SETIAWAN, Achma Hendra,(14 May 2025), ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA LIVE STREAMING TIKTOKSHOP DENGAN PERCEIVED ENJOYMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Generasi Z Beragama Islam DI Kota Semarang. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (230kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (257kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (207kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (254kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (257kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi di era 4.0 sangat memudahkan segala aktivitas, terutama dalam jual beli yang dapat dilakukan melalui online. Tren jual beli ini semakin berkembang salah satunya yaitu live streaming tiktokshop. Penggunaan live streaming tiktokshop dapat memicu konsumen untuk melakukan tindakan impulsive buying. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku impulsive buying terhadap live streaming tiktokshop dengan kerangka kerja S-O-R (Stimulus-Organism-Respons). Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan data primer melalui kuesioner. Populasi penelitian yaitu generasi Z beragama Islam di Kota Semarang yang pernah melakukan pembelian produk dalam live streaming tiktokshop dengan memperoleh 120 responden. Pengujian dalam analisis penelitian ini menggunakan SmartPLS 3.2.9 dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor stimulus yaitu interaksi, voucer diskon, flash sale, harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kenyamanan live streaming tiktokshop generasi Z beragama muslim di Kota Semarang. Variabel yang merupakan organism yaitu persepsi kenyamanan live streaming tiktokshop berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulsive buying pada generasi Z beragama muslim di Kota Semarang yang menjadi response pada penelitian ini.
Keywords : tiktok, tiktokshop live streaming, impulse buying, Stimulus Organism Response, tiktok, live streaming tiktokshop, pembelian impulsif, Stimulus Organism Response
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Virgiawan Agustiar Nugraha
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:34
Last Modified: 11 Jun 2025 07:41
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16234

Actions (login required)

View Item
View Item