AZKAA, Muhammad and FUADI, Ariza,(14 May 2025), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT PEMBELIAN ASURANSI SYARIAH MELALUI PLATFORM FINTECH DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (51kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (31kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (78kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (41kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (200kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi pengguna untuk membeli asuransi Syariah ditengah
ketertingggalan perkembangan dan adopsi pembelian asuransi Syariah
sekaligus mengisi celah kekurangan penelitian mengenai takaful dan fintech
islam serta untuk mengetahui faktor-faktor penerimaan dan penggunaan
teknologi melalui persamaan struktural dari teori yang sudah mapan yakni
UTAUT. Tujuan tersebut dirumuskan berdasarkan research gap pada
penelitian sebelumnya yakni kelangkaan penelitian terkait takaful dan
fintech yang dianalisis dari sisi konsumen menggunakan pendekatan teori
konsumsi serta minimnya angka pembelian asuransi syariah di Indonesia .
Penelitian ini menggunakan sampel 139 responden yang memenuhi
kriteria sampel dan populasi yang telah ditetapkan. Pengambilan data
dilakukan secara langsung melalui penyebaran kuesioner. Data diolah dan
dianalisis menggunakan analisis SEM melalui aplikasi SmartPLS’3.
Hasil yang diperoleh yaitu persyaratan untuk kesesuaian model telah
terpenuhi dan tercapai. Seluruh variabel independent maupun variabel
moderasi berpengaruh secara positif terhadap variabel intensi pembelian
takaful online. Memberikan penjelasan bahwasannya analisis permasalahan
adopsi produk halal mampu dijawab dengan teori konvensional.
Keywords : | trust, social influence, performance expectations, effort expectations, facilitating conditions, Semarang city, kepecayaan, pengaruh sosial, ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, kondisi yang memfasilitasi, kota Semarang |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Muhammad Azkaa |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:52 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 03:19 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16235 |