ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT PEMBELIAN ASURANSI SYARIAH MELALUI PLATFORM FINTECH DI KOTA SEMARANG

AZKAA, Muhammad and FUADI, Ariza,(14 May 2025), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT PEMBELIAN ASURANSI SYARIAH MELALUI PLATFORM FINTECH DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (51kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (78kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (41kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengguna untuk membeli asuransi Syariah ditengah ketertingggalan perkembangan dan adopsi pembelian asuransi Syariah sekaligus mengisi celah kekurangan penelitian mengenai takaful dan fintech islam serta untuk mengetahui faktor-faktor penerimaan dan penggunaan teknologi melalui persamaan struktural dari teori yang sudah mapan yakni UTAUT. Tujuan tersebut dirumuskan berdasarkan research gap pada penelitian sebelumnya yakni kelangkaan penelitian terkait takaful dan fintech yang dianalisis dari sisi konsumen menggunakan pendekatan teori konsumsi serta minimnya angka pembelian asuransi syariah di Indonesia . Penelitian ini menggunakan sampel 139 responden yang memenuhi kriteria sampel dan populasi yang telah ditetapkan. Pengambilan data dilakukan secara langsung melalui penyebaran kuesioner. Data diolah dan dianalisis menggunakan analisis SEM melalui aplikasi SmartPLS’3. Hasil yang diperoleh yaitu persyaratan untuk kesesuaian model telah terpenuhi dan tercapai. Seluruh variabel independent maupun variabel moderasi berpengaruh secara positif terhadap variabel intensi pembelian takaful online. Memberikan penjelasan bahwasannya analisis permasalahan adopsi produk halal mampu dijawab dengan teori konvensional.
Keywords : trust, social influence, performance expectations, effort expectations, facilitating conditions, Semarang city, kepecayaan, pengaruh sosial, ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, kondisi yang memfasilitasi, kota Semarang
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Azkaa
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:52
Last Modified: 12 Jun 2025 03:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16235

Actions (login required)

View Item
View Item