PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP MANAJEMEN LABA

IRAWAN, Wiga Dwi and JANUARTI, Indira,(17 July 2018), PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP MANAJEMEN LABA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12030111130185.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari pengungkapan corporate social responsibility terhadap praktik manajemen laba. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah p engungkapan CSR (CSR disclosure) yang diukur menggunakan Indeks CSR (CSRI) yang berpedoman pada GRI. Variabel dependen yang digunakan adalah manajemen laba yang diukur menggunakan proksi discretionary accrual. Penelitian ini menggunakan tiga variabel kontrol yaitu leverage, ukuran perusahaan, dan return on assets. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek negara-negagar di Asia Tenggara tahun 2016 dan 2017. Metode sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Kriteria perusahaan yang digunakan merupakan perusahaan manufaktur pada tahun bersangkutan, dan menerbitkan laporan tahunan dan laporan keuangan secara lengkap lengkap. Total sampel dalam penelitian ini adalah 630 sampel perusahaan. Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ordinary least square.
Keywords : Corporate Social Responsibility , earnings management, leverage, size, return on asset, Corporate Social Responsibility, manajemen laba, leverage, pertumbuhan perusahaan, return on assets.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 24 Jan 2020 07:19
Last Modified: 24 Jan 2020 07:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1749

Actions (login required)

View Item
View Item