KHODIJAH, Syarifah Labibah and RAHARDJO, Susilo Toto,(10 June 2015), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN PRODUK PADA PROSES CETAK PRODUK (StudiKasuspada Majalah SAKINAH PT. Temprina Media Grafika JawaPosGroup-Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berrtujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi penyebab kerusakan produk pada proses cetak produk pada PT. Temprina Media Grafika Semarang. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.Sampel yang diteliti sebanyak 100 responden.Jumlah variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah 20 variabel. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis faktor pada program SPSS 16.0 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ke 20 variabel telah direduksi dan tidak ada variabel yang dikeluarkan dari model karena telah memenuhi criteria MSA > 0.5. Dari uji analisis faktor diperoleh hasil bahwa dari 20 variabel yang bertahan dalam model dan mengelompokkannya kedalam 6 faktor, merupakan faktorfaktor yang mempengaruhi kerusakan produk pada proses cetak produk. Faktor faktor tersebut adalah faktor Keberlangsungan Kerja Mesin dengan nilai eigen values 6.446, faktor Pengendalian Kesiapan Metode/Sistem Kerja dengan nilai eigen values 1.831, Kesiapan Bahan dan Urutan Kerja dengan nilai eigen values 1.621, faktor Kendali Proses dengan nilai eigen values 1.266, faktor Kedisiplinan Kerja dengan nilai eigen values 1.169, dan faktor Dukungan Penyelia dengan nilai eigen values 1.011. Ke-6 faktor diperoleh berdasarkan pada nilai eigen values yang lebih besar dari satu. Faktor yang mendominasi adalah faktor Keberlangsungan Kerja Mesin yang mempunyai nilai eigen values sebesar 6.446 dengan presentase varians 32.230%. Faktor-faktor yang terbentuk tersebut, selanjutnya dilakukan analisis menggunakan metode Fishbone Diagram untuk mengetahui faktor penyebab secara grafik, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan untuk mengurangi tingkat kerusakan dan meningkatkan kualitas produk.
Keywords : | Defect Product, Quality, Factor Analysis, Fishbone Diagram, Defect Product, Kualitas, Analisis Faktor, Fishbone Diagram |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 06:48 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 06:48 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2139 |