ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN PADA TRANSAKSI NON-TUNAI ZAKAT DAN INFAQ (Studi Terhadap Pembayar ZIS di Wilayah Semarang)

SEPTIYANTO, Arief and MAGNADI, Rizal Hari,(4 August 2017), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN PADA TRANSAKSI NON-TUNAI ZAKAT DAN INFAQ (Studi Terhadap Pembayar ZIS di Wilayah Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S- Fulltext PDF Bookmarks- 12010113140179.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Zakat adalah salah satu instrumen untuk meratakan ekonomi dan sosial dalam ajaran Islam, dalam perkembangan zaman muncul sebuah transaksi non-tunai yang membuat seseorang dapat membayar zakat dan infaq tanpa perlu bertemu langsung dengan Amil Zakat pada LAZ. Kepercayaan (trust) yang ada pada fasilitas non-tunai tersebut tentu saja berbeda dengan kepercayaan ketika membayar langsung ke kantor LAZ. Penelitian ini ingin mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan konsumen pada fasilitas non-tunai pada pembayaran zakat dan infaq khusus untuk kota Semarang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai media menghimpun data yang disebar ke responden dengan snowball sampling. Pada pemrosesan data menggunakan analisis regresi linear berganda (Ordinary Least Square) dengan variabel dependen : kepercayaan konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada 3 variabel dari 7 variabel independen yang mempengaruhi kepercayaan konsumen secara signifikan adapun variabel yang paling berpengaruh adalah knowledge-based trust sebesar 0,590.
Keywords : zakat, infaq, e-payment, SSTs, non-cash, zakat, internet, kepercayaan konsumen, pembayaran non-tunai
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 05 Feb 2020 09:44
Last Modified: 05 Feb 2020 09:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2262

Actions (login required)

View Item
View Item