PUSPASARI, Elisabeth Lisato and RAHARDJO, Susilo Toto,(31 May 2017), PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI PRODUK, DAN DUKUNGAN PARTNER TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN SKALA KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Indonesia telah mengalami pertumbuhan industri dari tahun ke tahun, tak
terkecuali pertumbuhan pada sektor industri makanan dan minuman. Seiring
dengan perkembangan jaman, semakin banyak para pelaku bisnis yang tertarik
untuk terjun ke industri makanan dan minuman memgakibatkan pada semakin
tingginya kompetisi pada industri ini. Berbagai cara dilakukan oleh pelaku
industri makanan dan minuman untuk menjadi lebih unggul dari para pesaingnya
atau yang disebut dengan keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan ntuk
menguji pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan dukungan partner
terhadap keunggulan bersaing dengan studi kasus pada industri makanan dan
minuman di Kota Semarang.
Mengambil sampel sebanyak 150 responden dengan teknik simple random
sampling dalam memilih responden yang merupakan pelaku bisnis industri
makanan dan minuman di Kota Semarang. Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi berganda, dimana analisis tersebut meliputi: uji validitas,
uji reliabilitas, uji asumsi klasi, uji regresi linier berganda, uji t, dan uji F.
Hasil regresi berganda menunjukkan bahwa variabel inovasi produk
(0.363) dan dukungan partner (0.152) memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing, sedangkan variabel orientasi
kewirausahaan (0.087) memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan
terhadap variabel keunggulan bersaing.
Keywords : | entrepreneurial orientation, product innovation, partnership support, competitive advantage, food and beverage industry., orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dukungan partner, keunggulan bersaing, industri makanan dan minuman. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 04:28 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 04:28 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2323 |