PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI PRODUK, DAN DUKUNGAN PARTNER TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN SKALA KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SEMARANG)

PUSPASARI, Elisabeth Lisato and RAHARDJO, Susilo Toto,(31 May 2017), PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI PRODUK, DAN DUKUNGAN PARTNER TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN SKALA KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12010113130161.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12010113130161.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12010113130161.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12010113130161.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12010113130161.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010113130161.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia telah mengalami pertumbuhan industri dari tahun ke tahun, tak terkecuali pertumbuhan pada sektor industri makanan dan minuman. Seiring dengan perkembangan jaman, semakin banyak para pelaku bisnis yang tertarik untuk terjun ke industri makanan dan minuman memgakibatkan pada semakin tingginya kompetisi pada industri ini. Berbagai cara dilakukan oleh pelaku industri makanan dan minuman untuk menjadi lebih unggul dari para pesaingnya atau yang disebut dengan keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan ntuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan dukungan partner terhadap keunggulan bersaing dengan studi kasus pada industri makanan dan minuman di Kota Semarang. Mengambil sampel sebanyak 150 responden dengan teknik simple random sampling dalam memilih responden yang merupakan pelaku bisnis industri makanan dan minuman di Kota Semarang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, dimana analisis tersebut meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasi, uji regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Hasil regresi berganda menunjukkan bahwa variabel inovasi produk (0.363) dan dukungan partner (0.152) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing, sedangkan variabel orientasi kewirausahaan (0.087) memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing.
Keywords : entrepreneurial orientation, product innovation, partnership support, competitive advantage, food and beverage industry., orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dukungan partner, keunggulan bersaing, industri makanan dan minuman.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 06 Feb 2020 04:28
Last Modified: 06 Feb 2020 04:28
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2323

Actions (login required)

View Item
View Item