ANALISIS PENGARUH CAR, LDR, NPL, BOPO, DAN SIZE TERHADAP ROA (Studi pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015)

VERNANDA, Shinta Dewi and WIDYARTI, Endang Tri,(23 June 2016), ANALISIS PENGARUH CAR, LDR, NPL, BOPO, DAN SIZE TERHADAP ROA (Studi pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12010112130138.PDF] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12010112130138.PDF] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12010112130138.PDF] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12010112130138.PDF] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12010112130138.PDF] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010112130138.PDF] Text - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Ukuran Perusahaan (Size) terhadap profitabilitas bank umum konvensional di Indonesia yang diproksikan dengan Return On Assets (ROA). Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum konvensional di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010 – 2015. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria bank memiliki laporan publikasi lengkap pada tahun 2010 – 2015, serta bank memiliki ROA tidak negatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 25 bank umum konvensional. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari Laporan Keuangan Tahunan bank yang diterbitkan bank dalam Laporan Keuangan Publikasi Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sebelum menggunakan analisis regresi linier berganda, dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Dari hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa CAR, LDR, NPL, BOPO, dan Size memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa CAR berpengaruh positif signifikan terhadap ROA, BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA, sedangkan LDR, NPL dan Size tidak signifikan terhadap ROA. Dimana pada hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel BOPO memiliki pengaruh pengaruh yang paling besar terhadap ROA. Hasil uji derajat determinasi (Adjusted R Square) dalam model regresi adalah sebesar 0,783. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel independen yaitu CAR, LDR, NPL, BOPO, dan Size terhadap variabel dependen (ROA) sebesar 78,3% sedangkan sisanya sebesar 21,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian.
Keywords : ROA, CAR, LDR, NPL, BOPO, Size, ROA, CAR, LDR, NPL, BOPO, Size
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Endhar Priyo Utomo
Date Deposited: 07 Feb 2020 03:50
Last Modified: 07 Feb 2020 03:50
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2437

Actions (login required)

View Item
View Item