NABABAN, Ester Bertha Christina and MAS'UD, Fuad,(12 June 2019), Praktik Kepemimpinan Melayani (Servant Leadership) (Studi Kasus pada Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kertanegara Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Kepemimpinan yang melayani merupakan salah satu gaya kepemimpinan yang lebih mendahulukan kepentingan pengikut/bawahan daripada kepentingan sendiri, dapat diterapkan pada organisasi yang berbasis profit maupun yang berbasis non profit, seperti gereja. Penelitian ini akan membahas sejauh mana praktik kepemimpinan melayani diterapkan oleh para pemimpin dalam organisasi berbasis pelayanan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakter kepemimpinan melayani yang dibangun oleh pemimpin, serta menganalisis penerimaan anggota akan penerapan kepemimpinan melayani pada organisasi gereja. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang mana pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap 1 orang pemimpin dan 6 orang anggota, observasi, dokumentasi dan FGD kepada 4 orang jemaat dalam periode tertentu. Metode dipilih agar penelitian dapat dilakukan secara lebih fokus dan mendalam untuk mengetahui praktik kepemimpinan melayani pada pemimpin Gereja HKBP Kertanegara Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan secara garis besar bahwa karakteristik-karakteristik kepemimpinan melayani sudah diterapkan oleh pemimpin dan seluruh bagian organisasi. Karakteristik seperti kasih sayang, visi, pemberdayaan, kerendahan hati dan kepercayaan sudah diterapkan dalam fungsi-fungsi kepemimpinan sebagai teladan, perintis, penyelaras dan pemberdaya.
Keywords : | leadership, servant leadership, HKBP, qualitative, kepemimpinan, kepemimpinan melayani, HKBP, kualitatif |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 07 Feb 2020 04:54 |
Last Modified: | 07 Feb 2020 04:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2445 |