SURYANI, Fajar Ayu and MUDIANTONO, Mudiantono,,(13 February 2019), ANALISIS PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI, IMPLEMENTASI ERP DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Pemalang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (91MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (91MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh saluran distribusi,
implementasi ERP, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan
keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini
adalah pemilik usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Pemalang. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 104 responden. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara
dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan alat analisis AMOS 24 dengan teknik analisis Structural Equation
Modeling (SEM).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa saluran distribusi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, implementasi ERP
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi
kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing,
saluran distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran ,
orientasi kewirausahaan berpengariuh positif dan signifikan terhadap kinerja
pemasaran, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja pemasaran.
Dalam penelitian ini, variabel keunggulan bersaing memiliki pengaruh
paling besar terhadap kinerja pemasaran dengan nilai estimasi 0,508. Dengan
menerapkan strategi keunggulan bersaing dalam kegiatan operasional UMKM di
Kabupaten Pemalang maka kinerja pemasaran UMKM akan meningkat.
Keywords : | Distribution Channels. ERP Implementation, Entrepeneurial Orientation, Competitive Advantage, Marketing Performance., Saluran Distribusi, Implementasi ERP, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 07:50 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 07:50 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2561 |