ANALISIS PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI, IMPLEMENTASI ERP DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Pemalang)

SURYANI, Fajar Ayu and MUDIANTONO, Mudiantono,,(13 February 2019), ANALISIS PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI, IMPLEMENTASI ERP DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Pemalang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.s. Fulltext PDF Bookmarks-12020113120038.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (91MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh saluran distribusi, implementasi ERP, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Pemalang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan alat analisis AMOS 24 dengan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa saluran distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, implementasi ERP berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, saluran distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran , orientasi kewirausahaan berpengariuh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dalam penelitian ini, variabel keunggulan bersaing memiliki pengaruh paling besar terhadap kinerja pemasaran dengan nilai estimasi 0,508. Dengan menerapkan strategi keunggulan bersaing dalam kegiatan operasional UMKM di Kabupaten Pemalang maka kinerja pemasaran UMKM akan meningkat.
Keywords : Distribution Channels. ERP Implementation, Entrepeneurial Orientation, Competitive Advantage, Marketing Performance., Saluran Distribusi, Implementasi ERP, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Elok Inajati
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:50
Last Modified: 10 Feb 2020 07:50
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2561

Actions (login required)

View Item
View Item