ANALISIS PENGARUH FAKTOR EVALUATIF WISATAWAN TERHADAP MINAT BERPERILAKU DI MASA DEPAN, DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada tempat wisata alam Umbul Sidomukti Semarang)

FERNALDI, Elmer Hafiizh and SUKRESNA, I Made,(16 November 2016), ANALISIS PENGARUH FAKTOR EVALUATIF WISATAWAN TERHADAP MINAT BERPERILAKU DI MASA DEPAN, DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada tempat wisata alam Umbul Sidomukti Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – 12010112110311.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang timbul dari adalah kualitas pelayanan dan pengalaman wisatawan terhadap kepuasan wisatawan serta pengaruhnya terhadap minat berwisata ulang serta minat merekomendasi tempat wisata Umbul Sidomukti. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan pengalaman wisatawan sebagai variable independen, kemudian kepuasan sebagai variabel intervening lalu ada minat berwisata ulang serta minat merekomendasi sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 186 responden yaitu para wisatawan Umbul Sidomukti yang sedang berwisata. Metode yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada para responden yang ditujukan secara khusus ke wisatawan Umbul Sidomukti. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan delapan hipotesis yang akan diuji menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang dioperasikan melalui program AMOS 22.0 Berdasarkan hasil dari pengolahan data SEM untuk model yang telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut, nilai chi-square = 204,469; probability = 0,012; RMSEA = 0,038; CMIN/DF = 1,270; GFI = 0,903; TLI = 0,985; CFI = 0,988; NFI = 0,945 dengan satu kriteria marginal yaitu AGFI = 0,873. Dengan hasil yang demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat berwisata ulang dan minat merekomendasi dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan sebagai penentu keberhasilan meningkatkan minat merekomendasi dan minat beriwsata ulang.
Keywords : service quality, tourist experience, satisfaction, revisit intention, recommend intention., kualitas pelayanan, pengalaman wisatawan, kepuasan, minat berwisata ulang, minat merekomendasi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 11 Feb 2020 06:36
Last Modified: 11 Feb 2020 06:36
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2604

Actions (login required)

View Item
View Item