FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN PEMAHAMAN ATAS SAK-ETAP

SIGIT, Faishal Setiadi and JANUARTI, Indira,(11 August 2017), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN PEMAHAMAN ATAS SAK-ETAP. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-12030113130162.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan pemahaman atas Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) atas bagian akuntansi koperasi. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan dan sosialisasi, dan komitmen kerja. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja di bagian akuntansi koperasi yang masih aktif dalam kegiatan usahanya berdasarkan database dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah 88 bagian akuntansi koperasi yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pendidikan, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan dan sosialisasi, dan komitmen kerja berpengaruh positif terhadap tingkat kemampuan pemahaman atas SAK-ETAP. Semakin tinggi tingkat pendidikan yang ditempuh dan latar belakang akuntansi akan meningkatkan kemampuan pemahaman atas SAK-ETAP. Semakin banyak dan bervariasinya pengalaman kerja yang didapat sebelumnya maka tingkat kemampuan pemahaman atas SAK-ETAP semakin tinggi. Begitu juga dengan semakin seringnya mendapat pelatihan dan sosialisasi maka kemampuan pemahaman atas SAK-ETAP pun semakin tinggi. Semakin kuat komitmen karyawan terhadap pekerjaan dan organisasinya maka semakin besar kemampuan dan dorongan dalam pemahaman atas SAK ETAP sehingga tingkat kemampuan pemahaman atas SAK-ETAP semakin tinggi.
Keywords : Cooperatives, Implementation Skill, SAK-ETAP, the level of education, the education background, work experience, training and socialization, the commitment, Koperasi, Kemampuan Pemahaman, SAK-ETAP, tingkat pendidikan, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan dan sosialisasi, komitmen kerja.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 12 Feb 2020 13:26
Last Modified: 12 Feb 2020 13:26
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2724

Actions (login required)

View Item
View Item